About Hidayat Mundana

azhima

Salam jabat tangan, mari kita kenalan

Hi, Saya Hidayat Mundana. Founder Kaffah Academy
Praktisi dan Konsultan SEO pada beberapa website Agency Lokal seperti Azhima.ID, SEOElite.ID serta SEOPreneur.co.id

Selain itu, juga mengelola beberapa website lainnya seperti Katanesia.com, Agency Penulis Content profesional serta HaloHonda.com, portal Sales Mobil Honda Indonesia.

Khusus untuk Katanesia, kami sedang mencari partner. Jika teman-teman berminat, silahkan hubungi kami.

Mengenal Internet Marketing sejak 2008. Dan memulai Agency Digital Marketing dari tahun 2011, dengan ratusan klien lokal dan manca negara. Australia, Afrika Selatan, Bangladesh serta Amerika Serikat.

Guru Internet Marketing pertama saya adalah Anne Ahira, melalui Asian Brain.

Melalui beliau, wawasan saya tentang potensi Internet Marketing mulai terbuka. Beliau tidak saja guru yang cantik dan pintar tapi juga inspiratif.

Tahun 2008 hingga 2011 adalah masa-masa terombang-ambing. Layaknya “Layangan Putus” tidak tahu bidang yang harus ditekuni.

Waktu itu benar-benar bingung. Tidak tahu teknik mana yang benar-benar menghasilkan uang seperti informasi yang digadang-gadang.

Sampai akhirnya menemukan Guru Internet Marketing berikutnya, yakni Muhammad Misbah melalui Sekolah.in yang didirikannya.

Melalui beliau, Saya belajar banyak hal. Mulai dari internet marketing dasar seperti membuat website dan menulis artikel, hingga bagaimana cara jualan online.

Untuk jualan online, waktu itu fokus pada Affiliate Amazon. Saat itu saya aktif menjadi Affiliate di Amazon Jerman, United Kingdom serta United State.

Dari Bisnis Affiliate Amazon ini sudah mulai menghasilkan, walaupun tidak banyak. Tapi, cukuplah sebagai booster semangat.

Cek pertama yang saya terima dari Amazon waktu itu bernilai : 169 Euro.
Cetek banget dibanding teman yang bisa dapat 7000 Euro.

Selain itu, pernah juga menjadi Freelancer di Fiverr selama 1 tahun. Dan di Envato selama beberapa bulan, sampai akhirnya memutuskan untuk fokus melayani klien lokal.

Tentu dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah Cash Flow keuangan.

Mulai menekuni SEO Google

Dulunya, Saya menawarkan Jasa pembuatan website pada klien dengan cara keliling, door to door. Nganterin proposal ke kantor-kantor dan perusahaan.

Ini adalah episode saya paling lucu dalam menjalankan Agency pembuatan website.
Menawarkan bisnis online secara offline.

Dan sudah ketebak. Konversinya sangat kecil.

Kalaupun mereka berminat, biasanya harga akan ditekan habis-habisan dengan pelayanan super maksimal. Bayangkan harga 2.5 juta ditawar hanya 300 – 500ribuan saja.

Itupun harus support mereka selama 1 tahun.

Pokoknya ngenes banget. Capek dan pusing. Profit Margin yang didapat tidak seimbang dengan Effort. Kerjaannya banyak, bayarannya kecil pake banget.

Nah, disinilah titik balik bisnis Agency yang saya kelola.

Saya menyadari bahwa sudah melakukan kesalahan fatal. Menawarkan produk/jasa pada orang yang salah dan pada tempat yang salah pula.

Bahkan, ini tidak saja fatal, tapi termasuk tindakan bodoh.

Google, Sumber pengunjung terbaik

Akhirnya saya fokus mencari pelanggan dari Google (baca: Internet). Dan inilah awal mulanya berkenalan dengan SEO (Search Engine Optimization).

Sejak website kami dioptimasi menggunakan SEO, rankingnya mulai naik.
Begitu juga pengunjungnya.

Orderan pembuatan website mulai berdatangan. Walaupun belum banyak, karena kurangnya konversi.

Salah satu kendala yang paling sering kami temukan adalah kurangnya trust.
Faktor utamanya adalah jarak.

Dan ini wajar, karena waktu itu bisnis online memang belum terlalu booming seperti sekarang. Saat itu, bisnis online adalah sesuatu yang tabu.

Persepsi orang tentang bisnis online adalah trading, forex, saham, money game dan penipuan. Lebih banyak negatifnya.

Intinya, dulu orang belum terlalu terbiasa dengan transaksi online menggunakan Internet.
Beda banget dengan sekarang, sudah seperti kebutuhan.

Kembali ke SEO Website saya.

Karena, saya berhasil melakukan SEO Website hingga masuk halaman 1 Google. Akhirnya saya berfikir, kenapa tidak saya tawarkan juga layanan ini pada khalayak.

Siapa tahu,  juga banyak pemilik bisnis yang menghadapi masalah seperti saya.
Sulit mendapatkan pembeli.

Dugaan saya benar, ternyata peminat Jasa Optimasi Website ini lumayan banyak.

Menariknya, konversinya sangat mudah. Karena pelanggan ini sudah terbiasa denga transaksi online. Mereka juga tidak terlalu rewel dengan harga.

Saya mendapatkan pelajaran penting dari proses ini semua.

Kita gagal tidak melulu karena produknya salah. Tapi, bisa jadi karena menawarkan pada orang yang salah dan ditempat yang salah.

Alhamdulillah, sejak saat itu pelanggan terus bertambah. Hingga hari ini kami masih menekuni SEO (Search Engine Optimization) ini.

Alhamdulillah, beberapa website Agency SEO yang kami kelola berhasil masuk halaman 1 Google untuk keyword yang masuk kategori kelas “Dewa”. Keyword dimana para pakar SEO memperebutkannya.

Adu teknik, strategi dan budget.

Akhirnya 3 website Agency kami berhasil masuk ke halaman 1 Google untuk keyword “Jasa SEO”. SEORepublik ranking 1, SEOBlank Indonesia ranking 4 dan Kaffah Media SEO ranking 6.

SEORepublik butuh waktu 1 tahunan, SEOBlank Indonesia butuh waktu 6 bulanan sedangkan Kaffah Media SEO butuh waktu 1 tahun lebih. Mudah-mudahan ini bukan saja karena keberuntungan.

Dari banyak keyword yang berhasil dioptimasi, ada juga yang gagal. Persentasenya sekitar 10% dari total keyword yang dioptimasi*. Besar juga ya : )

Disclaimer : Persentase ini bisa jadi naik atau turun. Tergantung hasil optimasi kami dimasa depan.

Owh ya, untuk anda yang ingin tahu apa saja sumber daya dan resouces yang digunakan Azhima SEO, silahkan lihat melalui halaman ini

Another Projects

Saat ini saya juga aktif mengelola website Kaffah Academy, website tempat belajar SEO dan belajar membuat website, gratis.

Bagi anda yang ingin belajar membuat website sendiri atau ingin Belajar SEO, kapan-kapan silahkan berkunjung ke website ini.

Karena saat ini materi SEO dan membuat websitenya masih kami bagikan secara gratisan. Jadi, jangan tunda. Mumpung masih gratisan.

Untuk teman-teman pemilik bisnis yang ingin Optimasi Website di Google. Kami dari Azhima SEO siap membantu teman-teman.

Silahkan hubungi Tim SEO Azhima melalui Whatsapp : 0822 1917 5900. Infokan website dan keyword yang ingin dioptimasi oleh Azhima SEO.