15 Plugin WordPress Terbaik yang wajib anda install

Dari ribuan plugin WordPress yang bisa anda download dan install. Ada beberapa plugin yang sangat kami rekomendasikan untuk digunakan di website WordPress anda.

Plugin WordPress tersebut anda butuhkan karena akan memudahkan melakukan optimasi website. Mulai dari Onpage, loading website, gambar, struktur website serta bagian lainnya.

Jika anda masih bingung harus menginstall plugin apa. Mungkin beberapa ulasan kami dibawah ini akan membantu anda. Semoga bermanfaat.

plugin wordpress

Plugin SEO

WordPress SEO by Yoast

Kita tahu bahwa salah satu sumber trafik terbaik saat ini adalah Google. Dan untuk mendapatkannya kita harus melakukan SEO.

Ada pekerjaan SEO yang tidak butuh bantuan plugin. Namun, ada juga yang harus menggunakan plugin. Terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan baris-baris code pemograman web.

Untuk memudahkan kita melakukan pekerjaan SEO. Maka kita harus menggunakan Plugin SEO.

Salah satu plugin SEO yang paling populer adalah WordPress SEO by Yoast. Di install oleh lebih dari 1 juta website di dunia.

Plugin ini biasa digunakan untuk meningkatkan kinerja SEO Website anda sehingga semakin SEO Friendly. Walaupun sebenarnya WordPress itu sendiri sudah SEO Friendly.

Banyak hal yang bisa anda lakukan dengan Plugin SEO ini. Salah satunya membuat judul dan deskripsi website di mesin pencari. Sehingga lebih menarik dan mampu meningkatkan CTR.

Rankmath SEO

Secara umum, fungsi dan kegunaan dari Plugin SEO Rankmath tidak jauh berbeda dengan WordPress SEO by Yoast. Hanya saja dari sisi fitur plugin rankmath lebih lengkap.

Beberapa fitur plugin SEO Rankmath yang tidak dimiliki oleh WordPress SEO by Yoast adalah :

All in SEO Pack

Dari 2 plugin SEO yang kami bahas Plugin All in SEO Pack adalah plugin yang paling duluan dikembangkan dengan basis pengguna yang sangat besar.

Plugin ini dibuat tahun 2007. Dengan pengguna yang sangat besar.

Plugin Sitemap

Untuk memudahkan mesin pencari seperti Google merayapi website anda. Kita bisa menggunakan plugin sitemap sebagai tool yang memudahkan pekerjaan. Saat ini ada ratusan plugin sitemap yang bisa digunakan. Dan berikut ini adalah beberapa plugin sitemap yang cukup populer dikalangan pengguna WordPress.

Google XML Sitemap

Selain plugin SEO, plugin WordPress lainnya yang juga anda butuhkan untuk memudahkan meningkatkan peringkat di Google adalah Google XML Sitemaps. Dengan plugin ini kita bisa membuat sitemap XML agar Google lebih mudah mengindex website.

Dengan plugin ini, kita akan membantu Google untuk mengetahui struktur dari website kita.

Jika anda sudah menggunakan plugin SEO by Yoast, maka tidak perlu lagi menginstal plugin yang satu ini. Karena salah satu fitur dari SEO by Yoast adalah sitemap.

Plugin Optimasi Image

Terkadang gambar yang kita upload ke website belum dioptimasi dengan baik. Baik dari sisi dimesni maupun ukuran filenya. Sehingga berdampak pada loading website kita. Semakin berat gambar yang kita upload, akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan halaman website kita.

Nah, untuk mengatasi itu semua. Kita bisa menggunakan plugin untuk mengoptimasi gambar tersebut. Beberapa plugin yang bisa kita gunakan adalah :

Lazy Load

Salah satu fungsi utama dari Plugin Lazy Load ini adalah meningkatkan waktu buka halaman website kita. Dengan menggunakan plugin ini, halaman website kita bisa dibuka dalam waktu yang relatif singkat.

Cara kerja dari Plugin Lazy Load ini adalah menunda membuka gambar sebelum gambar tersebut terlihat oleh pengunjung website.

Saat penulis menerbitkan tulisan ini, plugin WordPress Lazy Load ini masih aktif pada 70.000+ website. Dengan rata-rata rating 4.1 skala 5.

Jika halaman website anda masih terlalu berat karena terlalu banyak gambar yang harus dibuka dalam waktu bersamaan. Kami menyarankan agar anda menginstall plugin Lazy load ini.

Dan rasakan bedanya.

Plugin Imagify

WordPress memang luar bisa.

Anda banyak solusi dari banyak masalah yang sering anda hadapi. Salah satunya adalah dengan menggunakan Plugin Imagify.

Menggunakan plugin ini anda bisa mempercepat loading website dengan cara optimasi gambar tanpa mengurangi kualitas gambar itu sendiri.

Jika gambar yang akan anda gunakan belum di upload, maka gambar tersebut akan dioptimasi saat pertama kali anda upload. Namun jika gambarnya sudah diupload, anda bisa melakukan optimasi secara manual terhadap gambar yang sudah diupload.

Saat ini plugin ini di install pada 200.000+ website WordPress. Dengan rata-rata rating 4.6 skala 5.

Jika ingin gambar anda ingin dioptimasi tanpa mengurangi kualitas, coba deh install plugin ini.

WP Smush

Agar konten website anda terlihat lebih kaya, maka anda harus menambahkan gambar ke dalam konten. Anda bisa menambahkan 1,2,3 dan lebih gambar ke dalam postingan.

Namun, terkadangkan kita dihadapkan pada masalah loading website yang lambat jika mengupload terlalu banyak gambar ke halaman website. Halaman akan butuh lebih banyak waktu untuk loading.

Untuk mengatasi ini, maka kita bisa melakukan antisipasi dengan menggunakan Plugin WP Smush. Dengan plugin ini kita mengecilkan ukuran plugin sehingga loading halaman website menjadi lebih cepat dan pengguna pun senang berkunjung ke website anda.

Jika halaman website anda terdapat banyak gambar, kami sangat menyarankan untuk menginstall plugin ini di website anda.

Satu kelebihan dari plugin ini adalah kemudahannya dalam penggunaan. Anda tinggal install dan langsung gunakan.

Plugin Cache

WP Fastest Cache

Ada banyak plugin cache yang bisa anda gunakan. Baik yang gratisan maupun yang versi berbayarnya. Menariknya, plugin cache versi gratisan tidak kalah bagusnya dibandingkan dengan versi berbayar.

Salah satu plugin Cache WordPress yang banyak digunakan adalah WP Fastes Cache. Saat penulis menerbitkan artikel ini. Plugin ini sedang digunakan oleh 1 juta lebih website.

Tidak itu saja, review dari plugin ini juga sangat bagus. Yaitu 4.8 skala 5. Ini berarti pluginnya sangat bagus dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh lebih dari 1 website aktif.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan menggunakan Plugin WP Fastest cache.

  • Membuat file statis dari website WordPress anda
  • Minify HTML untuk mengurangi ukuran halaman
  • Minify CSS untuk mengurangi ukuran CSS
  • Kompress Gzip. Gunanya untuk mengurangi ukuran file yang dikirimkan dari server, sehingga loading website menjadi lebih cepat.
  • Caching Browser. Juga berguna untuk meningkatkan loading website saat dibuka.

Jika anda menggunakan versi berbayar dari plugin ini. Anda juga akan mendapatkan fitur-fitur tambahan yang lebih canggih dari fitur bawaan dari versi gratisan.

W3 Total Cache

Salah satu faktor peringkat website anda di Google adalah kecepatan loading website anda. Semakin cepat semakin bagus. Baik dibuka menggunakan dekstop maupun smartphone.

Dan plugin WordPRess yang bisa digunakan untuk mempercepat loading website adalah W3 Total Cache. Merupakan plugin gratis yang bisa anda download di direktori plugin WOrdPress.

Salah satu kekurangan plugin ini adalah banyaknya pengaturan yang harus dilakukan. Sehingga, untuk anda yang masih pemula harus dipandu menggunakan panduan agar tidak melakukan kesalahan fatal.

Plugin Page Builder

elementor

Elementor

Tahukah anda. Website kami ini kami buat menggunakan Plugin gratis Elementor. Menggunakan plugin ini, kita bisa membuat website keren tanpa harus mengerti bahasa pemograman.

yang perlu anda lakukanya hanyalah mengetahui bagaimana cara kerja elementor ini. Selanjutnya anda bisa membuat tampilan website sesuai dengan yang anda inginkan. Hampir tanpa batas.

bahkan, jika anda memutuskan untuk membeli versi pro dari Elementor ini. Anda akan disuguhkan fitur-fitur tambahan yang sangat canggih sehingga proses pembuatan website anda akan semakin fleksibel.

Ada banyak sekali fitur Plugin Elementor versi gratis yang bisa anda gunakan.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap terkait dengan Plugin WordPress Elementor ini, silahkan kunjungi langsung Direktori WordPress berikut : Plugin Elementor Versi Gratis.

Thrive Architect


Thrive Architect adalah Page Builder berbayar yang sangat konsen dengan konversi. Plugin WordPress ini dibuat memang untuk meningkatkan konversi. Menggunakan plugin ini anda bisa membuat halaman website profesional hanya dalam hitungan menit. Bahkan jika anda sudah terbiasa menggunakan plugin Thrive Architect ini anda bisa membuat halaman website hanya dalam hitungan detik.

Dari sekian banyak kelebihan dari Thrive Architect ternyata juga memiliki kekurangan.

Kekurangan plugin Thrive Architect yang paling menonjol adalah karena berbayar. Bahkan harganya juga tergolong sangat tinggi. Padahal ada banyak sekali saingannya diluar sana. Seperti Elementor dan page builder lainnya.

Jika anda tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli plugin berbayar. Anda bisa lewatkan saja Thrive Architect ini. karena anda harus mengeluarkan uang setidaknya sebesar $67 untuk beberapa lisensi saja.

WP Bakery Builder / Visual Composer

Jika anda termasuk orang yang suka dengan plugin-plugin berbayar. WP Bakery Builder adalah salah satu plugin yang sangat bagus untuk anda miliki.

Sebelumnya plugin ini dikenal dengan sebutan Plugin Visual Composer. Merupakan plugin berbayar yang bisa anda dapatkan di codecanyon. Saat tulisan ini kami tulis, jumlah pembeli plugin ini sudah mencapai 384ribu lebih pembeli dengan harga plugin $46.

Plugin ini adalah salah satu plugin page builder versi berbayar yang sangat populer. Menggunakan plugin ini kita bisa membuat halaman website profesional hanya dengan drag dan drop saja. Sangat mudah dan sangat cepat.

Berita gembiranya, plugin ini sudah kompatibel dengan plugin-plugin populer lainnya seperti WooCommerce dan Yoast SEO. Anda tidak perlu khawatir jika anda menggunakan plugin ini bersamaan.

Hanya saja, apabila dibandingkan dengan Elementor. Kami masih sangat suka menggunakan Plugin Elementor. Selain gratis, plugin elementor juga masih ringan dibandingkan dengan plugin WP Bakery Builder ini.

Plugin Toko Online

Woocommerce

Untuk anda yang berencana membuka toko online. Baik menjual single produk apalagi multiple produk. Plugin WordPress Woocomerce sangat kami rekomendasikan. Selain karena gratis, plugin ini juga memiliki banyak sekali fitur yang akan memudahkan anda dalam mengelola toko online.

Menggunakan plugin WOocommer ini anda bisa membuat halaman produk, keranjang belanja dan checkout dengan sangat mudah. Bahkan anda bisa mengintegrasikan plugin ini dengan salah satu plugin buatan lokal yakni Indo Ongkir, sehingga saat pembeli anda checkout dan mengisi alamat pengiriman. Plugin ini otomatis menghitung ongkos kirimnya.

Super keren. Tidak perlu ribet dan repot lagi cek ongkos kirim.

Ada banyak sekali fitur Woocommerce yang bisa anda gunakan. Sekali lagi. Kami sangat merekomendasikan plugin ini jika anda berencana membuka toko online. Produk Fisik maupun Digital.

Saat artikel ini kami terbitkan, pengguna aktif plugin WordPress Woocomerce sudah mencapai 5 juta lebih. Merupakan basis pengguna yang sangat besar sekali.

Tablepress

Jika anda membutuhkan plugin untuk membuat table yang responsive.Tablepress adalah plugin yang cocok dengan kebutuhan anda.

Menggunakan plugin ini anda bisa membuat dan mengelola tabel dengan sangat mudah. Menariknya lagi, plugin wordpress yang satu ini bisa anda gunakan tanpa harus mengeluarkan uang alias gratis.

Saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 800.000 website. Dengan rata rata rating 5 skala 5. Ini artinya, plugin ini sangat bagus dan bisa digunakan pada hampir semua website WordPress.

Table of Content Plus

Kita tahu, salah satu faktor peringkat adalah konten yang informatif. Ciri yang paling umum dari konten informatif adalah memiliki jumlah kata yang banyak. Biasanya lebih dari 1000 kata.

Masalahnya, jika konten kita terlalu panjang membuat pembaca menjadi bingung. Atau konten kita sulit dipahami.

Untuk mengatasi ini semua, kita bisa menggunakan Plugin Table of Content Plus. Sebuah plugin yang berguna untuk membuat daftar isi dari artikel kita.

Kita bisa membuat daftar isi berdasarkan heading yang digunakan. Mulai dari Heading 1 hingga Heading 6. Untuk anda yang ingin tahu bagaimana daftar isi menggunakan plugin ini, silahkan lihat disini.

Terakhir . . .

Itulah 15 plugin WordPress terbaik yang bisa anda gunakan untuk memudahkan anda dalam mengelola website WordPress anda. Perlu di ingat, anda tidak perlu menginstal semuanya. Pilihlah plugin yang benar-benar anda butuhkan. Karena semakin banyak plugin yang anda install, akan membuat website semakin berat saat dibuka.

Anda juga bisa melihat sumber daya yang kami gunakan melalui halaman ini. Tema WordPress, plugin dan hosting yang kami gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *