AzhimaBlog AzhimaMarketing Hack5 Cara mempromosikan website agar banyak pengunjung

5 Cara mempromosikan website untuk meningkatkan penjualan produk

Strategi dan teknik populer dalam promosi website dan produk untuk meningkatkan penjualan produk melalui pemasaran online.

cara-mempromosikan-website

Teknik promosi website untuk pemula

Punya website saja belum cukup. Anda juga harus mempromosikan website agar banyak pengunjung dan ada yang melihat dan membeli produk.

Tanpa dipromosikan, website anda akan tetap sepi dan sunyi.

Dan mustahil terjadi penjualan jika tidak ada yang datang melihat produk maupun jasa yang anda tawarkan di website. Itulah kita perlu mempromosikan website.

Saat ini, ada banyak cara mempromosikan website anda.

Ada banyak channel pemasaran online yang bisa anda manfaatkan. Baik yang gratisan maupun yang berbayar. Beberapa diantaranya adalah Youtube, Instagram, Facebook dan Google.

Masing-masing channel pemasaran ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda tinggal menyesuaikan dengan model bisnis dan produk.

Agar lebih jelas bagaimana cara dan trik promosi website.

Mari kita bahas sama-sama.

1. Promosi website via sosial media

Mungkin anda juga sepakat, bahwa sosial media adalah salah satu keajaiban dunia dimasa ini. Ia sudah merubah manusia dalam banyak hal.

Tak punya akun sosial media seolah kita tersisih.

LEbih jauh lagi, kehadiran sosial media telah meruba perilaku banyak orang. Terutama terkait dengan bagaimana mereka berinteraksi satu dan lainnya.

Sosial media sudah menjadi kerumunan, layaknya pasar malam, mall dan pasar tradisional. Mulai dari pagi hari hingga larut malam.

Keramaian tak ada ujungnya.

Nah, sebagai pemilik bisnis. Termasuk website. Tentu saja anda tidak bisa mengabaikan fenomena ini begitu saja. Harus dimanfaatkan peluang ini sebaik mungkin.

Anda bisa mempromosikan website maupun produk anda melalui media sosial ini.

Dan bahkan anda bisa meningkatkan otoritas melalui media ini dengan sangat mudah. Tidak perlu bayar mahal media. Karena dengan sosial media semua menjadi sangat mungkin.

Beberapa sosial media yang populer dan terus meningkat penggunaannya adalah facebook, instagram, tiktok, whatsaap dan telegram.

Tentu saja masih banyak yang lainnya.

Melalui sosial media ini anda bisa mempromosikan website dengan membagikannya melalui platfrom tersebut. Sehingga banyak yang tahu terkait dengan website anda.

Selanjutnya mereka mengunjungi website anda.

Jika follower anda ribuan bahkan ratusan ribu. Apalagi konten yang anda bagikan viral. Maka peluang anda mendapatkan kunjungan dan penjualan semakin besar.

Jadi, jangan abaikan sosial media untuk promosi website.

2. Promosi dengan SEO Google

Cara promosi website yang paling populer dan sudah dilakukan oleh internet marketer sejak dulu adalah promosi menggunakan Google Search.

Kita mengenal dengan sebutan SEO (Search Engine Optimization).

SEO adalah Optimasi website agar mudah di crawling mesin pencari dan memenuhi kriteria mereka untuk bisa ditampilkan di halaman 1 Google.

Jadi, tujuan SEO adalah bagaimana supaya website kita masuk halaman 1 Google untuk keyword yang sudah kita pilih sebelumnya.

Anda bisa mempelajari tentang SEO melalui halaman ini.

Namun, jika anda tidak memiliki waktu untuk Belajar SEO. Bisa mendelegasikan proses optimasi ini pada Konsultan SEO Indonesia yang memang sudah berpengalaman.

Untuk anda yang ingin lihat penawaran Jasa SEO, bisa hubungi kami.

3. Promosi di Marketplace lokal

Alterntaif lain untuk mempromosikan website dan produk adalah melalui Marketplace.

Beberapa marketplace yang bisa anda manfaatkan adalah Olx dan Indotrading. Termasuk menggunakan markeplace produk fisik seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Cuma anda butuh sedikit strategi untuk bisa mempromosikannya.

Sesuaikan strateginya dengan masing-masing marketplace, misalnya dengan mencantumkan alamat website pada profile anda dimasing-masing marketplace tersebut.

Untuk anda yang jualan produk fisik,  bisa juga mempromosikan website dengan memberikan diskon lebih ketika pembeli melakukan  transaksi di website.

Contoh :

Dapatkan diskon 30% untuk pembelian melalui website azhima.id

Teks diatas bisa anda coba cantumkan di deskripsi marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak, sehingga mereka memilih transaksi di website anda.

Anda bisa kreasikan antara diskon, COD dan Gratis Ongkos Kirim.

Semakin sering pelanggan transaksi di toko anda, maka akan semakin meningkat trust mereka terhadap toko anda. Sehingga mereka tidak akan balik lagi ke Marketplace.

Sekarang, mulailah praktekan.

4. Promosi website menggunakan Artikel Review

promosi artikel review

Nah, jika anda ingin mempromosikan website sekaligus menjual produk yang anda tawarkan, maka artikel rewiew adalah pilihan yang tepat.

Cara ini sebenarnya mirip-mirip dengan Content Placement.

Menggunakan artikel review ini, produk anda akan direview secara lengkap oleh pemilik blog.

Selain cara yang bagus untuk mengedukasi market, cara ini juga sangat bagus untuk mempromosikan website anda.

Ada 3 keuntungan yang anda dapatkan saat menggunakan trik ini dalam mempromosikan website.

Pertama : Market anda teredukasi dengan baik, kedua : Otoritas website anda akan naik karena mendapatkan backlink kontekstual, ketiga : Pengunjung website anda akan terus naik dari waktu ke waktu.

Hanya saja, promosi website menggunakan artikel review ini termasuk cara berbayar. Anda harus menyiapkan sejumlah anggaran untuk melakukannya.

Sementara untuk biayanya, sangat tergantung pada blog yang akan memberikan review terhadap website anda.

Untuk budget artikel review ini relatif murah.

Biasanya berkisar antara 50ribu hingga 500ribuan sekali riview. Sangat tergantung pada website yang memberikan review terhadap website anda.

Saya sangat merekomendasikan anda untuk mencobanya

5. Promosi website menggunakan iklan banner

Berikutnya, anda bisa mengiklankan website anda menggunakan banner. Baik dipasang di website anda sendiri maupun di website teman-teman blogger yang lain

Sama halnya dengan artikel review, cara ini juga termasuk cara iklan website berbayar.

Anda harus mengeluar uang untuk mempraktekan cara ini. Kecuali anda bisa melobi teman-teman blogger anda untuk memberikannya secara gratis pada anda

Yang perlu anda perhatikan ketika menggunakan cara ini adalah desain banner anda. Pastikan desain yang anda gunakan adalah desain yang menarik. Desain yang mendorong pengunjung untuk klik banner tersebut

Sebenarnya masih banyak cara mempromosikan website secara online sehingga banyak pengunjung, namun pada kesempatan ini kami hanya membahas beberapa poin diatas saja.

Kami berharap, dengan mengetahui cara mempromosikan website ini, pengunjung website anda semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Jika anda punya ide tambahan untuk mempromosikan website menggunakan internet, silahkan berikan komentar terbaik anda melalui kotak komentar dibawah ini.

ARTIKEL TERBARU

TOP