Apa itu CTR, Cara menghitung dan Optimasi

apa itu ctr

Apa itu CTR

CTR (Click Through Rate) adalah Rasio pencari informasi yang memutuskan untuk klik hasil pencarian dibandingkan dengan jumlah total tayang.

Misalnya ada 1000 pencarian untuk keyword “Optimasi SEO”.

Dari 1000 pencarian tersebut, ternyata hanya 400 orang yang memutuskan untuk klik hasil pencarian google dan mengunjungi websitenya.

Nah, perbandingan 400 dan 1000 itulah yang kita sebut dengan CTR.

Lazimnya CTR diukur berdasarkan persentase. Semakin tinggi CTR semakin bagus bagi sebuah website. Itu mengindikasikan user intent pada keyword tersebut.

Ia merupakan metric SEO yang sangat penting.

Cara menghitung CTR

Agar anda tidak bingung dengan penjelasan kami diatas. Kita akan coba hitung menggunakan rumus sederhana dibawah ini.

CTR = (Jumlah klik/Total Tayang) x 100

Jika kita ambil data yang dibahas sebelumnya, maka hasilnya akan terlihat seperti ini

CTR = (400/1000) x 100 = 40%

Mengapa CTR penting bagi SEO Website anda.

Ini adalah pertanyaan mendasar yang akan membantu anda memahami betapa pentingnya metrik SEO yang satu ini pada tindakan SEO anda.

Melalui CTR ini kita bisa mengukur kinerja iklan yang dibuat.

Karena, semakin tinggi CTR semakin besar potensi pengunjung. Dan semakin banyak pengunjung tentu akan semakin besar peluang penjualannya.

Itulah mengapa CTR sangat penting.

Apa saja elemen yang terkait dengan CTR ini

  • Tag Judul
  • Tag Description
  • Url website
  • Copywriting
  • Gambar
  • Call to Action
  • Keyword yang dioptimasi

Itulah beberapa elemen yang perlu anda perhatikan saat anda ingin mengoptimasi CTR website untuk meningkatkan organic traffic dari Google.

Cara Optimasi CTR (Click-through Rate)

Yang paling awal untuk anda perhatikan adalah audien anda. Jika ingin CTR anda meningkat dengan signifikan, pastikan audiennya tepat.

Dengan audien yang tepat, maka respon mereka akan lebih bagus.

Setelah anda menargetkan audien yagn sesuai dengan produk, langkah berikutnya adalah membuat konten iklan yang sesuai untuk mereka.

Ini termasuk judul, deskripsi, url website, gambar yang digunakan, copywriting serta call to action (CTA).

Terus ukur CTR ini untuk mendapatkan format yang paling sesuai dengan intent pengguna. Anda bisa menggunakan Google Console untuk mendapatkan datanya secara detail.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang CTR (Click-through Rate), cara menghitung serta cara optimasi CTR untuk meningkatkan kinerja website.

Sekarang anda sudah tahu apa itu CTR dan cara optimasi.
Semoga bermanfaat.