AzhimaSEO HackBelajar SEO Dasar

Belajar SEO WordPress : Apa itu SEO, Bagaimana Cara Kerjanya dan cara melakukannya.

Belajar SEO Fundamenta, memahami bagaimana cara kerja mesin pencari dan sekaligus SEO untuk mendatangkan trafik organik dari Google tanpa iklan berbayar

belajar seo

Mengenal SEO dan bagaimana cara kerjanya

Pada kesempatan ini kita akan Belajar SEO Dasar.
Karena, ternyata masih banyak yang belum tahu apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya.

Padahal dengan melakukan SEO ini. Anda bisa mendatangkan pengunjung organik dari Google tanpa harus bayar iklan berkali-kali. Bahkan setelah anda berhenti melakukan SEO sekalipun.

Ini artinya, anda bisa hemat puluhan juta perbulan untuk biaya iklan. Tentu ketika Strategi SEO anda berhasil. Melakukan SEO sendiri atau gunakan Jasa SEO yang kami tawarkan.

Untuk anda yang tidak ingin kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan potensial dari Google. Kami sudah membuat panduan SEO Gratis untuk anda.

Ya, Ini gratis.

Jangan lewatkan kesempatan baik ini.

Banyak website owner yang melewatkan Teknik SEO dalam pemasaran online mereka hanya karena sudah menghasilkan menggunakan teknik lain.

Padahal, jika mereka mau repot sedikit saja. Belajar SEO atau menyewa penyedia Jasa SEO seperti Azhima SEO. Pilihan ini bisa memberikan perubahan besar terhadap peringkat website di mesin pencari.

Jika anda berhasil melakukan SEO dengan benar. Yang berubah bukan saja peringkat website. Tapi, omset dan profit bisnis juga akan mengikuti.

Jadi, luangkanlah waktu anda beberapa menit untuk membaca dan memahami panduan SEO kami ini.

Mudah-mudahan dengan mengetahui beberapa hal mendasar tentang SEO. Bisa mengantarkan peringkat website anda hingga halaman 1 Google.

Pada tulisan ini juga banyak istilah-istilah teknis terkait dengan SEO. Jika memungkinkan, catatlah istilah tersebut untuk dipelajari dilain kesempatan.

Apa itu SEO

Kita mulai dari yang paling mendasar. Pengertian SEO (Search Engine Optimization).

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Merupakan istilah dalam Bahasa Inggris.

SEO adalah tindakan yang dilakukan oleh website owner/webmaster berupa optimasi website (Onpage SEO, Off-Page SEO dan Technical SEO) agar mendapatkan peringkat terbaik pada hasil penelusuran mesin pencari.

Jadi, tujuan SEO adalah meningkatkan peringkat website untuk kata kunci tertentu di Google.

Dengan tindakan-tindakan SEO yang dilakukan, diharapkan website anda masuk halaman 1 Google untuk istilah/kata kunci yang ditarget.

Jadi, salah satu basis SEO adalah kata kunci.

Oleh karenanya, anda harus melakukan riset kata kunci sebelum memutuskan untuk optimasi website menggunakan Teknik SEO ini.

Dan kebetulan, kami sudah membuatkan panduan riset keyword untuk anda. Kunjungi, baca dan pahami panduan tersebut. Selanjutnya barulah praktekan.

Misalnya anda baru saja launching bisnis Travel Haji dan Umroh.

Anda ingin website tersebut mendapatkan ranking untuk keyword “Travel Umroh Jakarta” dan “Paket Umroh 2021”.

Maka, yang mesti anda lakukan adalah mengoptimasi website untuk 2 kata kunci yang ditarget tersebut agar masuk page 1 Google.

Cara optimasinya bagaimana?

Sabar. Kita belum masuk ke bagian itu. Lanjutkan saja membacanya.

Cara kerja SEO

Oke. Agar pengetahuan anda tentang SEO runut. Pada bagian ini kita akan bahas bagaimana cara kerja SEO terlebih dahulu.

Kita tidak akan bisa memahami bagaimana SEO bekerja jika tidak tahu bagaimana Search Engine seperti Google bekerja.

Ini artinya, kita harus tahu terlebih dahulu memahami bagaimana mesin pencari itu bekerja. Barulah kita tahu bagaimana SEO itu bekerja.

Sepakat? Mari kita bahas sama-sama.

Cara kerja Search Engine

Pada dasarnya, cara kerja semua search engine itu sama aja.

Termasuk Google sebagai search engine dengan market share paling besar. Dimulai dengan perayapan (crawling), Indexing dan barulah menampilkan hasil.

1. Scanning

Awalnya mereka melakukan scanning terhadap seluruh halaman website yang ada di internet. Halaman website yang bisa mereka scanning hanyalah yang tersedia untuk publik. Yang tidak tersedia untuk publik, mereka tidak bisa melakukan scanning.

Scanning ini dilakukan oleh robot mesin pencari seperti Google. Biasanya disebut dengan Googlebot. Prosesnya disebut dengan “Crawling”.

Oke. Ingat, proses scanning ini Namanya “Crawling’. Ulangi lagi, crawling.

Jadi, Crawling adalah proses perayapan yang dilakukan oleh Googlebot pada setiap halaman website untuk disimpan pada database mereka dan kemudian diambil lagi ketika dibutuhkan.

Sipp . . .

2. Indexing

Setelah mesin telusur ini melakukan crawling, lalu apa lagi?

Selanjutnya mereka melakukan pengumpulan data yang sudah berhasil di crawling. Data halaman website yang sudah mereka dapatkan itu di kumpulkan dalam sebuah database, kemudian di kelompokan berdasarkan kriteria tertentu.

Kriteria yang paling umum digunakan adalah topik halaman website tersebut. Tapi, mungkin ada kriteria lain.

Nah, proses pengumpulan data dan pengelompokan ini disebut dengan “Indexing”. Jadi, kalau website anda tidak di index google, bisa jadi itu terjadi karena pada tahapan sebelumnya mereka tidak bisa melakukan crawling terhadap website anda.

Oke. Sampai sini paham ya. Mesin pencari itu melakukan crawling dulu, baru indexing.

Untuk anda yang penasaran. Apakah websitenya sudah terindex google atau belum, silahkan ketikan di Google : site:alamatwebsiteanda.com

Jika website anda muncul, itu artinya sudah terindex Google. Jika tidak muncul, mungkin anda perlu perbaiki settingan websitenya.

Selanjutnya apa . . .

Tunggu dulu. Anda harus tahu bahwa crawling dan indexing itu terjadi di back end mesin pencari. Kita tidak pernah tahu bagaimana algoritmanya bekerja.

3. Menampilkan hasil

Tahapan ketiga adalah menampilkan hasil indexing pada pencari informasi di Internet. Misalnya anda sedang ingin tahu lebih jauh tentang cara menghasilkan uang dari internet.

Lalu, anda coba ketikan keyword itu di kotak pencari Google.

Maka, Google akan menampilkan informasi yang terkait dengan peluang usaha di mesin pencari. Secara default akan ditampilkan 10 website di halaman pertama.

10 website yang ditampilkan itu adalah halaman website yang dianggap paling relevan oleh Google. Semakin tinggi rankingnya, maka itu pertanda halaman tersebut paling relevan (menurut algoritma Google).

Begitulah umumnya mesin pencari bekerja. Crawling, indexing dan menampilkan halaman website yang dianggap paling relevan dengan “keyword” yang diketikan pencari informasi di Google.

Lalu, apa hubungannya dengan Cara Kerja SEO.

Jelas ada dong. Coba anda perhatikan.

Agar website bisa ditampilkan di halaman 1 Google. Setidaknya kita harus melakukan beberapa hal ini pada website :

  • Memastikan website bisa di crawling oleh Google Bot
  • Memastikan website di Index Google, masuk database Google.
  • Dan memastikan halaman website kita paling relevan dengan keyword yang kita target, sehingga bisa dimunculkan pada halaman paling dpen.

Sebelumnya kita sudah memberikan contoh website tentang Travel Umroh. Jika keyword yang ditarget adalah “Travel Umroh Jakarta” dan “Paket Umroh 2019”, maka kita harus membuat halaman yang relevan dengan keyword ini.

Bagaimana caranya? Ya, dengan Optimasi SEO.

Mulai dari technical SEO, Onpage SEO dan Off-page SEO.

Untuk anda yang ingin belajar lebih jauh terkait dengan 3 hal ini, kami sarankan untuk belajar di Litle Project. Salah satu Blog Belajar SEO Indonesia.

Anda tidak perlu bayar untuk belajar SEO disana. Karena, saat ini mereka membagikannya secara gratis. Segera kunjungi sekarang. Mumpung masih gratis.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Ranking di Google

Selanjutnya, kami ingin membagikan beberapa hal terkait dengan factor-faktor yang mempengaruhi peringkat website anda di Google. Jika anda serius dengan optimasi website, maka hal ini sangat penting untuk anda ketahui.

1. Technical SEO

Technical SEO ini lebih banyak terkait dengan hal-hal teknis pada website anda. Apakah ada broken link, program web yang error dan lain sebagainya.

Jika hal ini tidak anda perbaiki sesuai dengan kriteria yang di inginkan mesin pencari. Maka kecil kemungkinan website anda akan tampil di mesin pencari.

Inilah mengapa, kami sangat menyarankan agar anda menyewa Jasa Pembuatan website yang mengerti dengan SEO. Tidak sekesar desain bagus dan keren.

Karena tujuan anda buat website bukan untuk pamer. Tapi, untuk jualan melalui internet. Benarkah?

2. SEO Onpage

ika anda ingin mendapatkan ranking terbaik pada hasil penelurusan mesin pencari. Maka pastikan anda melakukan SEO Onpage terlebih dahulu

Mulai dari Judul, Struktur Konten, Gambar, Video dan lain sebagianya. Harus di optimasi agar memenuhi standar SEO Onpage yang bagus.

Jika dibahas, materi SEO tentang SEO Onpage tentu akan sangat Panjang sekali. Mungkin lain kali kami akan coba membahasnya untuk anda.

 

3. SEO Off-Page

Selain technical SEO dan SEO Onpage, anda juga harus melakukan SEO Off-page.

SEO Off-page ini lebih popular dengan sebutan Link Building. Link Building adalah proses membangun backlink berkualitas untuk website yang sedang di optimasi.

Teknik SEO Off-page ini juga banyak sekali. Seperti Guest Post, Content Placement, Backlink Profile, Private Blog Network dan lain sebagainya.

Dari banyak pekerjaan SEO yang anda lakukan, bagian yang paling sulit, membutuhkan waktu lama dan biaya adalah SEO Off-page ini.

Karena repot dan menghabiskan banyak waktu. Maka kita bisa mempermudah dengan menggunakan Jasa Backlink yang banyak beredar di Internet.

Kami sendiri, lebih menyukai menggunakan Jasa Content Placement dan Guest Post Indonesia. Disamping lebih berkualits, juga lebih aman dari Pinalti Algoritma Google.

Mulai Optimasi Website

Selanjutnya apa

Oke. Anda sudah tahu apa itu SEO. Bagaimana mesin pencari bekerja. Yang paling penting, bagaimana cara Kerja SEO.

Menurut kami, ini sudah lebih dari cukup untuk memulai Optimasi Website anda. Jangan tunda lagi, sebelum persaingan keyword yang anda target semakin berat.

Tentu saja, kami tetap menyarankan anda untuk terus upgrade pengetahuan tentang SEO. Mulai dengan mengikuti workshop, ikuti kursus SEO ataupun Private SEO jika memungkinkan.

Terus evaluasi kinerja SEO website anda. Jika anda tidak tahu bagaimana mengevaluasinya, mungkin anda harus belajar juga tentang KPI SEO terlebih dahulu.

Dan yang paling penting, anda harus melakukan SEO secara konsisten. Karena pekerjaan SEO tidak bisa kita selesaikan  dalam sehari atau sebulan.

Ia dikerjakan dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karenanya, kita butuh yang namanya Action Plan. Melalui tool ini kita bisa melakukan SEO sesuai dengan plan yang sudah dibuat.

Jika masih bingung membuat action plan SEO, silahkan panduan action plan seo ini.

Kesimpulan

Setelah ini, anda jangan lagi bertanya tentang Apa itu SEO dan cara kerja SEO. Yang harus tanya berikutnya adalah bagaimana mendominasi halaman 1 Google dengan website anda.

Jika itu bisa anda lakukan, kami pastikan profit anda akan meningkat tajam. Percayalah.

Konten ini ditulis oleh Hidayat Mundana. Salah satu penyedia Jasa Konsultan SEO, salah satunya di Azhima. Untuk anda yang butuh layanan kami, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia.

 

Dalami SEO (Search Engine Optimization) dengan mempelajari beberapa panduan lanjutan terkait dengan SEO dibawah ini.  Klik untuk melihat materi SEO-nya.

TOP