7 Tips memilih tema WordPress untuk membuat website Profesional

tips memilih tema wordpress

Tips memilih Tema WordPress

Ternyata, masih ada yang bingung bagaimana cara memilih tema wordpress yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kita.

Padahal, salah memilih tema wordpress bisa berakibat fatal. Tujuan online marketing anda bisa jadi gagal. Karena banyak kebutuhan utama untuk promosi online tidak terpenuhi.

Berangkat dari kondisi tersebut. Kami merasa perlu untuk membahasnya. Walaupun pada halaman lain, kami sudah memberikan 15 tema wordpress yang kami rekomendasikan.

Tentu kami berharap, pembahasan singkat kami terkait cara memilih tema wordpress ini bisa membantu teman-teman yang relative baru dalam pembuatan website WordPress.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memilih tema wordpress.

Buat daftar fitur yang dibutuhkan

Tidak semua website bisnis membutuhkan fitur sama. Masing-masing memiliki kebutuhan yang berbeda dan sangat spesifik.

Oleh karenanya, cobalah untuk membuat daftar fitur yang anda butuhkan di website.

Kami juga menyarankan agar membuat daftar kebutuhan ini berdasarkan tingkat prioritas. Primer dan sekunder. Karena, mungkin saja tidak semua yang ada di daftar bisa anda penuhi.

Website toko online akan berbeda kebutuhannya dengan website company profile. Begitu juga dengan website membership, akan berbeda pula fitur yang dibutuhkan dengan website MLM.

Pada website toko online, anda membutuhkan fitur checkout. Sedangkan pada website company profile anda tidak membutuhkannya.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Setelah anda membuat daftar kebutuhan fitur. Selanjutnya anda bisa membuat daftar tema yang memiliki fitur yang anda inginkan.

Satu hal yang perlu anda perhatikan pada tahapan ini. Jangan memilih tema wordpress hanya karena terlihat keren dan menarik. Apalagi hanya karena harganya murah.

Anda harus konsisten dengan ketentuan awal.

Tema WordPress yang anda pilih harus memenuhi daftar fitur yang anda butuhkan.

Kami juga tidak menyarankan anda untuk menggunakan tema dengan segudang fitur. Karena, terkadang tema yang terlalu banyak fitur justru membuat website menjadi berat.

Responsive

tema wordpress responsive

Menurut kami, ini adalah fitur wajib.

Kita tidak punya pilihan lain selain menggunakan tema wordpress yang responsive. Sudah tidak zamannya lagi membuat website dengan 2 versi yang berbeda. Desktop dan Mobile.

Sehingga, saat anda memilih tema wordpress. Pastikan memiliki fitur penting ini.

Fitur ini tidak hanya berguna untuk pengguna Mobile yang semakin meningkat. Tetapi, juga akan membantu anda dari sisi SEO (Search Engine Optimization)

Flexible

Tema Premium

Ya. Kami merekomendasikan anda membeli tema premium.

Kenapa ?

Karena, dengan tema premium anda akan mendapatkan banyak fitur utama yang anda butuhkan. Selain itu, biasanya tema akan terus dikembangkan menyesuaikan dengan update WordPress terbaru.

Jika suatu saat anda menghadapi masalah, anda tinggal meminta bantuan pada pengembang tema wordrpess tersebut.

Menurut kami, ini adalah bagian yang sangat penting jika anda ingin berbisnis jangka Panjang.

Perhatikan Font-nya

Terkadang tampilan visual tema wordpress terlihat sangat keren.

Hanya saja, ada juga tema wordpress yang sulit dibaca. Karena menggunakan jenis font yang terlalu kecil, kabur sehingga sulit dibaca.

Solusinya, pastikan anda membeli tema wordpress yang memiliki font yang enak dibaca. Ukurannya tidak kecil, jenisnya juga tidak menyulitkan kita membaca.

Menurut kami, memilah tema wordpress berdasarkan font jauh lebih mudah.

Pastikan Compatible dengan plugin popular

Website WordPress dibangun menggunakan 2 elemen utama. Plugin dan Tema.

Sehingga anda harus memastikan kalau tema yang digunakan compatible dengan plugin-plugin popular. Seperti Woocommerce, Yoast SEO, All in SEO Pack, WPForm, WP Fastest Cache dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui apakah tema tersebut compatible atau tidak. Anda tinggal tanyakan langsung via chat maupun email pada mereka.

Ini adalah langkah yang sangat penting jika tidak mau kecewa saat membeli tema premium.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat akan menentukan tema wordpress yang akan di install di website. Terkadang tidak semuanya terdapat pada sebuah theme. Solusinya, bisa anda penuhi dengan menggunakan plugin WordPress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *