5 Peluang Bisnis Rumahan Paling Menguntungkan tahun 2020

peluang bisnis rumahan

Peluang Bisnis rumahan menguntungkan

Akhirnya kita sepakat. Untuk mencapai Financial Freedom, kita harus memiliki banyak sumber penghasilan. Bukan hanya dari gaji bulanan saja.

Kita harus memiliki usaha sampingan yang menghasilkan. Walaupun hanya sekelas usaha rumahan.

Ada banyak sekali ide peluang bisnis rumahan yang bisa anda garap. Baik oleh Ibu rumah tangga, karyawan bahkan mahasiswa sekalipun.

Yang anda butuhkan hanyalah kemauan dan skill. Bukan modal uang.

Karena, modal uang tidak akan berdampak apapun jika anda tidak punya kemauan yang kuat serta skill yang bisa diandalkan untuk menjalankan usaha.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin berbagi beberapa ide peluang bisnis rumahan yang bisa dijalankan sebagai usaha sampingan. Tidak harus meninggalkan pekerjaan kantoran anda.

Karena, goal kita adalah mendapatkan penghasilan tambahan.
Bukan sekedar agar terlihat keren.

Keren karena jadi seorang pengusaha.

Baik, kita akan bahas satu persatu. Apa saja peluang bisnis rumahan yang bisa anda garap tanpa menyita waktu dan bisa dijalankan sambil kerja ditempat lain.

Di bawah ini kami memberikan 5 jenis usaha rumahan yang akan menguntungkan tersebut.

1. Usaha Catering rumahan

Usaha catering ini sangat cocok untuk daerah perkotaan dan perkantoran.

Kita berangkat dari masalah yang umum dihadapi oleh seorang pekerja kantoran. Yakni, sibuk, capek dan tidak punya banyak waktu untuk memasak sendiri.

Akhirnya mereka memutuskan untuk membeli makanan diluar.

Cuma, makanan diluaran tidak semuanya sehat. Seringkali makanannya digoreng menggunakan minyak jelantah yang sudah tidak layak digunakan.

Ini tidak sehat. Bisa menyebabkan berbagai macam penyakit bagi kita.

Nah, berangkat dari problem ini. Kita bisa menyediakan catering sehat bagi mereka. Berikan solusi atas masalah yang mereka hadapi.

Dengan menyediakan catering yang sehat, enak dan harga terjangkau.

Untuk pekerja, anda bisa menggunakan tenaga tetangga yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Syaratnya, mereka harus bisa memasak untuk berbagai menu andalan anda.

Pastikan juga mereka bisa dipercaya. Karena, saat menjalankan usaha ini anda tidak bisa hadir setiap hari. Ini penting sekali untuk diperhatikan.

Yang paling penting dari usaha catering ini adalah evaluasi.

Terus melakukan evaluasi. Mulai dari proses, hasil dan feedback dari pelanggan. Jika ada pelanggan yang komplain masalah rasa, jangan marah.

Justru itu bagus sebagai bahan evaluasi bagi kita.

Dalam usaha catering ini yang menjadi acuan adalah lidahnya konsumen. Bukan lidahnya kita. Enak menurut kita belum tentu enak menurut konsumen.

Jadi, jangan pernah memaksakan rasa anda pada konsumen.

Jenis cateringnya juga bisa anda buat lebih bervariasi. Seperti catering diet, catering keluarga, catering anak-anak serta catering untuk sekolah dan kantor.

2. Usaha Les private

Menurut kami, les private adalah salah satu peluang usaha rumahan yang paling mudah untuk di eksekusi. Tidak butuh modal banyak.

Hal utama yang harus disiapkan hanyalah Skill.

Ya, untuk membuka usaha les private ini anda harus memiliki skill tertentu untuk ditawarkan. Misalnya, skill bela diri, memasak, bisnis online, bahasa inggris, bahasa jepang bahkan skill membaca.

Namun, ada pada kondisi tertentu anda tidak punya skill untuk ditawarkan.

Tidak masalah. Yang perlu anda lakukan hanyalah menemukan orang yang punya skill yang anda butuhkan. Tawarkan kerjasama pada mereka.

Sebelum memulai usaha les private ini, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan sejak awal. Sehingga usaha ini berjalan dengan baik.

Beberapa diataranya adalah program, materi promosi serta skema harga.

Yang paling penting dari 3 hal diatas adalah program. Pastikan program yang anda tawarkan sesuai dengan keinginan konsumen. Karena disinilah value usaha anda.

Jika anda sudah punya program, jangan lupa untuk mempromosikan usaha anda. Baik secara off-line (mulut ke mulut), maupun menggunakan media online seperti website.

Dan memang, jika ingin usaha anda terus tumbuh dan dikenal banyak orang. Memiliki website bisnis adalah tindakan yang paling tepat.

Anda bisa membayar jasa pembuatan website atau membuatnya sendiri. Jika masih bingung bagaimana membuat website sendiri, anda bisa belajar membuat website di Kaffah Academy.

3. Usaha Cemilan

Ternyata masing-masing orang punya kecenderungannya masing-masing.

Termasuk saat membuka usaha.

Ada yang suka bisnis yang berkaitan dengan teknologi. Ada juga lebih suka dengan bisnis yang berkaitan dengan Jasa, sehingga tidak bingung dengan produksi.

Tapi, juga ada orang yang suka dengan bisnis kuliner. Semua hal terkait dengan masak memasak. Termasuk membuat cemilan ringan.

Perlu diketahui. Usaha cemilan makanan ini bukanlah bisnis yang remeh.

Sudah banyak pemilik usaha ini yang membuktikan bahwa bisnis ini memiliki potensi yang sangat besar. Salah satu yang sering kita kenal adalah cemilan Zanana.

Cemilan keripik pisang dengan berbagai rasa.

Yang perlu anda perhatikan saat memulai usaha cemilan ini adalah target market. Defenisikan dulu siapa yang ingin anda target. Sehingga bisa membuat cemilan yang sesuai.

Seperti yang dilakukan oleh pemilik usaha Keripik Pisang Zanana.

Beberapa waktu lalu, kami juga menemukan satu produk cemilan yang sangat bagus. Yakni cemilan Babe. Makanan yang ringan yang berbahan tempe kering dan kentang.

Enak dan gurih banget.

Bisnis cemilan seperti ini bisa anda jadikan sebagai usaha rumahan. Dikerjakan disela-sela pekerjaan utama anda.

Yang paling penting dari usaha seperti ini adalah packacing dan promosi.

Ada harus membuat kemasan yang menarik dan mendorong orang untuk mencobanya. Selain itu, anda harus mempromosikannya sehingga bisa menjangkau pasar yang sudah anda defenisikan sebelumnya.

Jika anda bisa menjalani usaha sampingan ini secara konsisten.
Bukannya tidak mungkin bisa menjadi besar.

4. Usaha sampingan Laundry

Usaha rumahan berikutnya yang layak untuk anda coba adalah Laundry.

Bidang usaha yang satu ini sudah tidak diragukan lagi potensinya. Sudah tidak terhitung pemilik usaha laundry yang menjadi Milyuner dalam waktu yang relatif singkat.

Potensinya sangat besar, namun bisa dijalankan dirumah. Untuk awal mungkin bisa dijalani sendiri dulu.

Namun, setelah mulai ramai. Mulailah untuk membangun sistem. Merekrut karyawan serta berfikir untuk menduplikasinya ditempat yang lain.

Usaha laundry ini triggernya relatif sama dengan usaha catering.

Bisnis ini sangat layak karena diperkotaan banyak orang yang super sibuk, memiliki kegiatan yang padat sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian sendiri.

Ini adalah problem yang bisa dikonversi menjadi peluang usaha Milyaran.

Kunci keberhasilan bisnis Laundry ini adalah kualitas kerja, pelayanan dan promosi. Jika anda bisa mengkombinasikan 3 elemen penting ini dengan baik.

Maka, bisnis laundy anda akan tumbuh dengan sangat cepat.

Jika ada bisnis Laundry yang tidak berkembang, biasanya bukan karena peluang bisnisnya yang tidak potensial. Tapi, lebih pada pemilik usaha yang tidak kompeten dalam menjalankan bisnis.

Saat anda menjalankan bisnis ini. Anda harus terus belajar, sehingga bisnis anda juga berkembang.

5. Buka Toko online

Kehadiran internet dan teknolgi telah merubah banyak hal.

Termasuk perilaku masyarakat Indonesia. Mereka lebih suka belanja online daripada belanja ke Mall atau toko-toko yang ada di daerahnya.

Kondisi ini, problem bagi pemilik toko off-line. Sekaligus peluang usaha bagi anda.

Karena, dengan peluang ini anda bisa membuka toko online tanpa harus mengeluarkan modal beasr. Layaknya membuka toko di Mall.

Menariknya, anda bisa melakukannya dari rumah. Sehingga ini adalah peluang bisnis rumahan yang paling bagus untuk digarap oleh siapapun.

Termasuk bagi anda yang masih pekerja kantoran.

Yang harus anda lakukan saat ingin memulai usaha toko online adalah menganalisa kebutuhan market. Termasuk perilaku market.

Cobalah cari tahu apa yang dibutuhkan market, tapi tidak bisa mereka dapatkan di toko-toko terdekat di daearah mereka. Sehingga mau nggak mau mereka harus belanja online.

Selain itu, anda juga harus memastikan market tersebut bisa dan mau belanja online.

Misalnya, anda jual mainan edukasi untuk anda.

Tentunya anda tidak bisa menargetkan anak-anak. Yang harus anda target adalah orangtua mereka. Jadi, pastikan orangtuanya mau dan bisa belanja online.

Jika anda sudah tahu marketnya, sudah ada produknya. Langkah berikutnya adalah membuat media untuk promosi online. Seperti website, akun instagram serta akun facebook.

Jangan lupa untuk mempromosikan website anda.

Sudah banyak mahasiswa, karyawan, pegawai negeri sipil yang sudah membuktikan bahwa membuka toko online bisa dilakukan sambil kerja.

6. Bisnis Jasa Penerjemah bahasa.

Usaha yang tidak kalah potensial adalah usaha jasa.

Menurut kami, usaha jasa memiliki kelebihan dibandingkan dengan model bisnis lainnya. Seperti margin keuntungan yang lebih besar, modal yang minim dan tidak butuh banyak orang.

Salah satu usaha jasa yang bisa anda garap adalah jasa penerjemah online.

Anda tidak butuh kantor dan karyawan yang terlalu banyak. Bahkan, untuk awal-awal bisa anda tekuni sendiri. Sehingga modal awalnya tidak terlalu besar.

Yang harus anda lakukan hanyalah memiliki media promosi online. Seperti website dan akun media Sosial. Selanjutnya, mempromosikannya menggunakan berbagai teknik promosi online.

Seperti menggunakan SEO (Search Engine Optimization), Google Ads dan Facebook Ads.

Bangun portofolio anda sebanyak mungkin. Jangan lupa meminta feedback positif dan negatif dari pelanggan anda. Ini penting untuk membangun social proof.

Hal lain yang perlu anda lakukan dalam usaha jasa adalah membangun database pelanggan.
Karena, mereka adalah aset anda sebenarnya.

Peluang bisnis sampingan yang satu ini berpotensi menghasilan puluhan hingga ratusan juta perbulan.

7. Menjadi Freelancer

Jika anda memiliki keahlian tertentu yang dibutuhkan orang. Anda bisa menawarkannya secara online melalui website freelancer.

Freelancer lokal maupun luar. Dua-duanya bagus.

Syarat penting untuk menjadi freelancer hanyalah skill yang bisa ditawarkan pada banyak orang. Jika anda sudah punya skill, selanjutnya anda hanya butuh waktu untuk mengerjakannya.

Banyak sekali freelancer lokal yang mampu menghasilkan uang hingga puluhan juta perbulan.

Sementara untuk freelancer luar, mereka mendapatkan bayaran menggunakan dollar. Sehingga ketika dikonversi menjadi rupiah, nilainya menjadi sangat besar.

Untuk freelancer luar, anda harus menyiapkan rekening paypal untuk menerima pembayaran.

Saat ini banyak sekali keahlian freelancer yang dibutuhkan. Seperti programing, desain, content writer, customer services, video editor dan banyak lagi.

Jika anda masih bingung mau menawarkan apa. Mulailah untuk merenungkan kelebihan anda. Jika memang tidak ada, mulailah belajar dan latih sampai anda benar-benar ahli.

8. Jasa konsultasi Skripsi.

Ini adalah salah satu peluang bisnis rumahan yang sangat prospek, tapi jarang yang lirik.

Karena, peluang bisnis yang satu ini membutuhkan skill khusus. Untuk anda yang berprofesio sebagai dosen bisa saja membuka layanan ini.

Yang perlu anda lakukan hanyalah memiliki website dan akun sosial media.
Melalui media inilah nantinya anda mempromosikan jasa konsultasi skripsi pada khalayak.

Jangan lupa untuk mempromosikan website anda.

Baik menggunakan cara promosi gratisan maupun promosi berbayar. Untuk promosi berbayar bisa menggunakan Google Ads, Facebook Ads serta Instagram Ads.

Sedangkan cara promosi gratisan bisa menggunakan SEO (Search Engine Optimization).

Untuk SEO ini adalah teknik marketing yang wajib anda lakukan. Sehingga tidak perlu mengeluarkan uang berkali-kali untuk mendapatkan pelanggan baru.

Anda hanya perlu melakukan SEO sekali saja, kemudian menerima order berkali-kali.

9. Peluang Usaha Dropshipping

Bisnis Droship ini bukanlah hal yang baru.

Kami sendiri pernah melakoni bisnis ini sekitar tahun 2010-an lalu. Saat itu penulis menjual produk-produk muslimah seperti Gamis, Kokok dan baju muslim lainnya.

Bisnis yang satu ini potensinya juga sangat besar.

Model bisnis ini sangat cocok untuk anda yang baru memulai bisnis online. Yang memiliki modal yang terbatas. Pendekatan bisnis ini, yang penting menghasilkan uang dulu.

Kita tidak perlu muluk-muluk berharap untuk puluhan juta.

Bisa menghasilkan 3-5 juta saja perbulan sudah lebih dari cukup. Seiring berjalannya waktu, anda sudah punya modal yang cukup + pengalaman bisnis yang memadai.

Selanjutnya barulah berfikir untuk memulai bisnis yang selevel diatas bisnis dropship.

Tips pro :

Khusus untuk seorang muslim. Jika anda ingin memulai bisnis dropship. Pastikan anda menghubungi pemilik barang terlebih dahulu sebelum menjualkan barang mereka. Inilah anjuran agama kita.

Untuk anda yang ingin tahu, bagaimana cara mencari supplier yang tepat, silahkan baca tulisan kami yang lain disini : Cara memulai jualan Online

Cara agar Bisnis rumahan anda terus tumbuh dan berkembang menghasilan untung besar.

Kami sudah membagikan beberapa ide peluang bisnis rumahan yang bisa anda jadikan sebagai usaha sampingan tanpa modal yang besar.

Selanjutnya, kita harus berfikir. Bagaimana caranya agar bisnis ini tumbuh.

Tidak sekedar menghasilkan profit. Tapi, harus menghasilkan profit super gede dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga bisa mencapai harapan kita untuk mendapatkan Financial Freedom.

Nah, apa saja langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk mencapainya ?

Kita akan coba bahas satu persatu. Kami berharap, bahasan lanjutan ini bisa memberikan inspirasi pada anda agar terus mengembangkan usaha sampingan ini.

Mari kita mulai.

Fokus pada satu model Bisnis.

Coba anda perhatikan. Ada ratusan bahkan ribuan peluang usaha sampingan yang bisa anda garap dan menghasilkan profit.

Semuanya berpotensi menghasilkan profit.

Hanya saja, anda tidak bisa menggarap semuanya. Terutama saat anda baru memulai usaha sampingan ini. Anda punya keterbatasan.

Mulai dari keterbatasan waktu, pengetahuan dan mungkin juga modal.

Jika anda memaksakan untuk menggarap banyak ide bisnis sekaligus. Yang ada hanyalah kebingugnan dan kegagalan. Inilah yang dialami oleh banyak pemula.

Mereka terlalu bersemangat memulai banyak bisnis sekaligus.

Sementara, bisnisnya belum ada satupun yang benar-benar bisa jalan tanpa kehadirannya. Sistemnya belum terbentu, cash flow usaha juga belum lancar.

Tapi, mereka sudah berfikir membuka usaha baru.

Ini adalah kesalahan pengusaha pemula yang sangat fatal. Banyak yang akhirnya terlilit utang jutaan hingga milyaran karena masalah ini.

Oleh karenanya, kami menyarankan anda untuk Fokus dulu pada satu model bisnis. Pilih dan garap satu peluang bisnis rumahan sampai tumbuh dan membesar.

Setelah sistem terbentuk. Barulah berfikir untuk membuka usaha baru.

Kontrol keuangan seketat mungkin.

Banyak usaha tutup disebabkan oleh masalah keuangan.

Karena, saat bisnis anda sudah jalan. Uang cash adalah nafas dari bisnis anda. Jika anda tidak punya uang cash, maka bisnis anda jalannya akan tersendat-sendat.

Oleh karenanya, cobalah untuk mengontrol keuangan usaha seketat mungkin.

Pisahkan dengan rekening pribadi. Jangan mengambil uang usaha seenaknya. Apalagi diambil untuk kebutuhan konsumtif.

Untuk kebutuhan pengembangan usaha saja anda harus berfikir berkali-kali. Apalagi hanya untuk kebutuhan konsumtif seprti kendaraan dan rumah.

Setelah bisnis jalan, kami selalu berusaha untuk menyiapkan modal usaha (uang cash) 2x lipat dari biaya operasional.

Karena, terkadang pada kondisi tertentu bisnis kita tidak jalan sesuai yang di inginkan. Baik disebabkan oleh faktor eksternal maupun internal. Maka, uang ini bisa menjadi backupnya.

Kontrol keuangan ini juga berkaitan dengan piutang.

Jika modal anda tidak terlalu besar. Maka, jangan berikan piutang terlalu besar pada konsumen. Karena, ini akan berdampak sangat besar pada usaha anda.

Mengenali kompetitor dengan baik

Berkompetisi itu adalah sesuatu yang lazim.

Termasuk dalam berbisnis. Jadi, anda jangan alergi dengan kompetitor. Mereka terkadang bisa menjadi mentor bisnis anda.

Baik saat mereka sukses, termasuk saat mereka gagal.

Nah, agar bisnis anda tetap tumbuh dan berkembang serta menghasilkan profit besar. Yang harus anda lakukan adalah mengenal kompetitor dengan baik.

Ini penting sekali.

Anda harus tahu kelebihan mereka, kekurangan mereka, value lebih yang mereka tawarkan, strategi unggulan mereka serta hal penting lainnya.

Dengan mengenal kompetitor dengan baik. Maka anda memiliki data yang cukup untuk memenangkan kompetisi.

Memenangkan kompetisi bukan dengan menjatuh mereka.
Tapi, dengan menjadi lebih unggul.

Unggul dari berbagai hal. Value produk, harga dan distribusi.

Kreatif dan Futuristik

Dalam menjalankan usaha, kita memang dituntut untuk kreatif.

Dan kreatifitas ini muncul dari pemahaman yang mendalam terhadap pasar. Jika anda bisa memahami pasar dengan baik. Maka kreatifitas menjadi sesuatu yang mudah bagi anda.

Kreatif itu tidak selalu sesuatu yang berbeda dan unik. Sama sekali tidak.

Kreatif ini berkaitan dengan cara kita memenuhi keinginan konsumen. Bagaimana caranya agar mereka puas dengan apa yang kita berikan.

Selain itu, anda juga harus futuristik.

Harus berfikir jauh ke depan. Sehingga bisa prepare menghadapi perubahan-perubahan dimasa depan. Seperti perkembangan teknologi serta perubahan perilaku konsumen.

Inilah yang tidak dilakukan oleh banyak pemilik usaha yang akhirnya tutup.

Kebanyakan mereka anti teknologi. Dan cenderung meremehkan perubahan perilaku pasar. Mereka sering berkata, bisnis saya baik-baik saja dengan cara seperti ini.

Hal ini kami alami saat kami menawarkan pembuatan website sekitar tahun 2010-an lalu.
Kebanyakan usaha, tidak merasa perlu dengan website.

Hanya 2 tahun setelah itu, pemasaran online di Indonesia booming. Ada jutaan pemilik smartphone yang memutuskan untuk belanja secara online.

Bayangkan kalau dulu mereka welcome terhadap teknologi. Mungkin akan mendapatkan bonus besar dari peluang yang datangnya tidak berkali-kali.

Mengetahui dan mampu mengelola resiko

Apapun usaha yang anda kelola, selalu memiliki resiko.

Oleh karenanya, kemampuan mengetahui potensi resiko serta mengelola agar tidak membahayakan kelangsungan usaha adalah skill yang sangat penting.

Setiap membuat keputusan-keputusan usaha, anda harus mengetahui dan bisa mengukur potensi resikonya.

Dengan cara ini, anda bisa menghindarkan usaha dari ancaman kebangkrutan.

Kemampun ini hanya akan anda dapatkan jika anda memiliki wawasan yang luas. Termasuk pergaulan yang luas. Sehingga mendapatkan informasi dengan cepat.

Setidaknya, itulah beberapa hal yang harus anda lakukan agar bisnis anda terus tumbuh dan berkembang. Membukukan keuntungan yang tidak sedikit setiap bulannya.

Mungkin awalnya bisnis anda awalnya hanyalah usaha rumahan yang dijalankan sembari bekerja. Tapi, jika anda mengelolanya dengan apik, sangat mungkin menjadi usaha yang besar.

One thought on “5 Peluang Bisnis Rumahan Paling Menguntungkan tahun 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *