AzhimaBlog AzhimaMarketing Hack8 Metrik Landing Pages yang harus anda ketahui dan ukur

8 Metrik Landing Pages yang harus anda ketahui dan ukur kemudian lejitkan konversinya.

​Cara meningkatkan konversi Landing Pages.

Untuk mengukur apakah landing pages kita bagus atau tidak, maka harus di tracking berdasarkan metrik landing pages. Dan kita akan bahas apa saja metrik landing pages tersebut.

Metrik Landing Pages

Untuk mengukur apakah landing pages dibuat berhasil atau tidak, anda harus tahu apa saja Metrik Landing Pages yang harus di ukur.

Dalam setiap tindakan pemasaran online ada banyak sekali yang harus kita lakukan. Mulai dari perencanaan, action dan evaluasi hasilnya.

Begitu juga dengan landing pages.

Untuk memastikan bahwa landing pages yang anda rancang berhasil, maka kita harus terus mengevaluasinya secara konsisten.

Selanjutnya, kita harus tahu apa saja metrik landing pages yang harus di ukur dan di evaluasi agar kinerja landing pages semakin bagus dari waktu ke waktu.

8 Metrik Landing Pages yang harus di ukur

Berikut ini adalah beberapa metrik landing page yang harus anda ketahui dan ukur setiap membuat landing pages untuk menjual produk maupun capture email.

Baik, mari kita bahas sama-sama.

1. Landing Pages View

Metrik yang pertama kali anda ukur adalah jumlah halaman dikunjungi.

Lazim juga disebut dengan Landing Page Views, dengan mengetahui metrik ini anda bisa tahu berapa jumlah pengunjung yang mengunjungi landing pages anda.

Idealnya, semakin banyak landing pages views maka semakin besar peluang naiknya metrik landing pages yang lainnya.

Untuk meningkatkan landing pages views ini tentu saja bisa anda lakukan dengan mempromosikannya menggunakan berbagai channel pemasaran.

Baik traffic source berbayar maupun gratisan.

2. Session by Sources

Dalam mempromosikan landing pages, biasanya kita menggunakan channel yang beragam. Baik menggunakan Google Ads, Google Organik (SEO), Instagram maupun Facebook Ads.

Nah, agar kita tahu mana sumber trafik yang berhasil. Maka anda perlu mengetahui jumlah trafik berdasarkan sumbernya.

Kita menyebutnya dengan Session by Source.

Sekali lagi, anda bisa menggunakan Google Analytics untuk mengetahui dan mengukurnya. Jadi, penting juga bagi kita untuk belajar menggunakan Google Analytics.

3. Conversion.

Metrik Landing Pages berikutnya adalah Goal Conversion.

Melalui metrik ini anda akan tahu jumlah pengunjung yang terkonversi menjadi pelanggan maupun leads sesuai dengan goal landing pages anda.

Untuk bisa mengetahuinya, anda harus menggunakan Google Analytics.

Ada bebrapa pengaturan yang akan kita lakukan untuk memastikan setiap pengunjung yang melakukan tindakan sesuai yang kita inginkan terlacak seluruhnya.

Ini kita bahas pada bagian belajar Google Analytics.

4. Visit to Contact Ratio

Metrik yang satu ini penting juga untuk diketahui agar kita tahu jumlah pengunjung yang masuk terkonversi menjadi kontak.

Sebelum kita mulai campaign, sebaiknya kita menetapkan jumlah yang dibutuhkan hingga campaign berakhir. Data ini cukup penting.

Selanjutnya, ukur jumlah kontak yang dihasil dari satu waktu tertentu.

Ini gunanya untuk melihat apakah kita bisa mengkonversi banyak pengunjung sehingga bisa menilai apakah kita berada di jalur yang tepat.

Pada tahapan ini kita harus memastikan campaign yang dilakukan mampu menyuplai trafik yang dibutuhkan untuk mencapai proses yang di inginkan.Average Time on Page.

Beberapa waktu lalu kami membuat landing page untuk menawarkan Jasa Website Cilegon, dan selanjutnya akan diukur sejauh mana efektifitas landing pagenya.

5. Bounce Rate

Terkadang  tidak semua orang yang data ke website kita berhasil kita konversi menjadi lead atau pelanggan sesuai rencana kita.

Sebagian meninggalkan halaman dan menutupnya. Kita sebut dengan Bounce Rate.

Bounce Rate adalah persentase pengunjung yang memutuskan untuk meninggalkan atau menutup landing pages setelah mengunjungi satu halaman.

Bounce rate yang tinggi adalah indikasi landing pages yang buruk.

Baik dari sisi desain, loading halaman bahkan copywriting yang anda gunakan. Segera evaluasi jika ini terjadi pada landing pages anda.

6. Page per Session

Salah satu kegunaan kita mengetahui Page per Session ini adalah agar kita tahu apakah landing pages kita memberikan informasi yang memadai pada pengunjung.

Jika anda mendapatkan data page per session cukup tinggi, ini berarti halaman sebelumnya tidak memberikan informasi yang cukup pada mereka.

Informasi yang cukup untuk memutuskan membeli atau mendaftar.

Jika ini terjadi pada landing pages anda, segeralah perbaiki.

7. Top Page per View

Pada metrik Landing Page ke delapan ini, kita perlu melakukan pelacakan karena kita membutuhkan informasi terkait dengan halaman yang memiliki kinerja terbaik.

Jika kita sudah menemukan halaman dengan kinerja terbaik, maka kita bisa memberikan perhatian lebih pada halaman tersebut.

Misalnya dengan menambahkan budget iklan.

Terakhir

Itulah 8 Metrik Landing Pages yang perlu kita perhatikan saat melakukan pemasaran online menggunakan landing pages.

Dan perlu kita ingat, tidak ada karya yang benar-benar sempurna.

Dan karena itulah kita perlu melacak metrik ini dan kemudian terus menyempurnakannya dari waktu ke waktu sehingga bisa mencapai goal yang sudah ditetapkan.

ARTIKEL TERBARU

TOP