AzhimaBlog AzhimaContent HackCara membuat artikel Blog SEO Friendly dan disukai pembaca

8 Cara membuat artikel Blog SEO Friendly dan disukai pembaca

Tips praktis cara menulis artikel menarik dan sekaligus SEO Friendly. Tidak saja disukai oleh pembaca, tapi juga disukai oleh mesin pencari seperti Google.

Cara membuat artikel

Cara menulis artikel Blog super mudah

Salah satu alat yang kita gunakan dalam pemasaran online adalah konten, termasuk artikel yang sering kita baca di banyak blog.

Ini artinya, kita harus menguasai cara menulis artikel yang baik dan benar. Sehingga pengunjung suka dan betah berlama-lama di blog kita.

Banyak blogger yang gagal mendatangkan trafik ke blog mereka karena tidak menguasai skill menulis artikel yang baik. Akhirnya mereka berkata bahwa pemasaran online tidak cocok untuk mereka.

Padahal, mereka cukup tahu beberapa tips dasar saja.

Dan kebetulan kami ingin berbagi kepada anda. Bagaimana cara membuat artikel disukai pembaca dan sekaligus disukai oleh mesin pencari seperti Google.

Yuk, kita bahas sama-sama.

1. Kenali siapa pembaca anda

Sebelum memulai untuk menulis topik apapun, sebaiknya anda mengetahui siapa pembaca anda dan apa yang mereka inginkan dari artikel yang ditulis.

Mengetahui keinginan pembaca adalah langkah krusial yang sering diabaikan.

Banyak blogger gagal mendatangkan banyak pengunjung ke blog karena mereka tidak melakukan langkah pertama ini saat menulis artikel.

Padahal kita bisa melakukannya dengan sangat cepat dan mudah.

Untuk mengetahui apa yang mereka cari, anda perlu mengumpulkan data melalui tahapan riset kata kunci. Mencari apa topik yang banyak dicari melalui Google organik.

Setelah mengetahui apa yang mereka cari, selanjutnya kita merancang format artikel yang sesuai dengan "intent" mereka. Dengan cara ini, kemungkinan artikel anda disukai akan semakin besar.

Misalnya, mereka menggunakan kata kunci "Honda HRV Vs Wuling Almaz".

Dengan mengetahui intent dari keyword diatas, anda tinggal membuat artikel yang membandingkan fitur kedua tipe mobil tersebut. Termasuk pro dan kontranya.

Pada kesempatan lain kita akan bahas tipe-tipe artikel blog. Stay tune aja :)

2. Mulai dengan menulis Outline

Untuk memudahkan kita menulis artikel yang baik, maka kita perlu membuat outline artikel sejak awal. Mulai dari topik umum hingga detailnya.

Mungkin kita juga bisa menyebutnya dengan "Struktur Artikel".

Dengan bantuan struktur artikel ini anda akan lebih mudah mengembangkan artikel yang ingin ditulis. Mulai dari pembahasan yang paling umum hingga pembahasa khusus pada topik.

Saat membuat outline, anda tidak harus melakukannya secara sempurna. Pendekatannya, anda tahu apa topik umum dan khusus yang harus di kembangkan.

Dengan cara ini juga akan memudahkan anda untuk melakukan penelitian seputar topik tersebut jika anda mengalami kebuntuan dalam mengembangkan artikel.

Jika anda belum pernah melakukan ini, cobalah dari sekarang.

Owh ya, cara buat artikel menggunakan outline ini tidak harus anda lakukan pada semua tipe artikel. Terutama untuk artikel singkat yang bisa ditulis dengan cepat dan mudah.

3. Buat Judul Artikel yang menarik

 

cara menulis judul artikel menarik

Gambar: Contoh judul yang menarik

 

Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan oleh penulis artikel adalah menulis Judul artikel yang sama sekali tidak mendorong calon pembaca untuk membuka dan membagikan.

Padahal, judul adalah kemasan produk yang mempengaruhi pembeli.

Bukankah selama ini kita lebih sering menilai bagus atau tidaknya sebuah buku hanya dengan melihat covernya saja. Mungkin anda tidak, tapi saya cukup sering melakukannya.

Jadi, agar kita tidak kehilangan calon pembaca, pastikan judulnya menarik.

Salah satu cara membuat artikel yang sering kami lakukan untuk mendorong pembaca mengeklik artikel adalah dengan menyertakan angka pada judul postingan.

Sebenarnya masih banyak yang lain, kita akan bahas nanti.

4. Gunakan Subjudul dan Paragraf Pendek

Sebagian besar artikel blog yang kami terbitkan menggunakan cara menulis artikel seperti ini. Kami selalu membuat subjudul pada setiap pembahasan.

Ini gunanya agar pembaca bisa mengetahui topik yang sedang dibahas.

Dilain sisi, kami juga menulis artikel dengan paragraf pendek.  Bahkan kalimat pendek. Paling banyak jumlah baris pada setiap paragraf hanya 3-4 saja. Jangan lebih, kecuali terpaksa.

Sementara untuk kalimat, usahakan tidak lebih dari 8-10 kata.

Tips menulis artikel yang ketiga ini sangat penting anda terapkan ketika menulis artikel blog. Karena, membaca menggunakan gadget akan berbeda membaca melalui buku.

Membaca menggunakan buku akan lebih mudah dengan paragraf panjang.

Sementara membaca pada gadget  maupun komputer akan sulit, karena ada pancaran cahaya yang lama kelamaan membuat mata kita lelah dan konsentrasi berkurang.

5. Gunakan Tipe Postingan "List/Daftar"

cara membuat artikel

Kita tahu bahwa internet hari ini penuh distraksi. Disana-sini terdapat informasi yang sama yang membuat bingung para pembaca.

Jika kita tidak memberikan solusi cepat yang mengarah pada problem, pembaca dengan sangat mudah memutuskan untuk menutup halaman artikel kita dan pindah ke tab berikutnya.

Dan disinilah pentingnya tipe postingan list.

Dengan bantuan tipe artikel ini, kita bisa langsung masuk ke setiap permasalahan yang sedang mereka hadapi. Mereka tidak harus baca dari awal secara berurutan.

Tapi, bisa loncat ke problem yang mereka hadapi saat ini.

Penulis sendiri, sangat jarang membaca artikel dari awal hingga akhir. Selalu scroll ke bawah untuk mencari poin-poin yang dijanjikan sesuai judul.

Sayangnya, banyak penulis blog yang tidak mengetahui trik ini.

Untuk anda yang tidak ingin kehilangan pembaca, maka harus memperhatikan cara buat artikel yang baik dan benar khusus untuk artikel singkat di blog.

6. Sertakan gambar yang relevan

Tahukah anda, sebenarnya otak kita lebih cepat memproses informasi berupa konten visual seperti gambar daripada konten berupa text.

Dan karena itulah kami menyarankan anda untuk menambahkan gambar.

Saat ini ada banyak sekali tempat download gambar gratis kualitas bagus dan bisa digunakan untuk postingan blog kita. Walaupun sebenarnya, lebih bagus kalau kita menggunakan gambar kita sendiri.

Kita akan bahas tempat download gambar gratis kualitas bagus dilain kesempatan.

7. Optimalkan artikel dengan teknik SEO

Ya, kita menulis memang bukan untuk mesin pencari. Kita menulis untuk pembaca yang berkunjung ke blog kita.

Tapi, anda tidak boleh lupa bahwa sebelum pembaca datang ke blog. Mesin pencarilah yang pertama kali mengunjungi blog kita, crawling, indexing dan kemudian menampilkan.

Inilah mengapa anda perlu mengoptimalkan artikel menggunakan SEO.

Tujuannya agar artikel blog yang kita tulis mudah ditemukan oleh calon pembaca saat mereka mencarinya menggunakan mesin pencari seperti Google.

Dan pada kasus, optimasi artikel menggunakan SEO sebenarnya sejalan dengan optimasi artikel untuk calon pembaca kita.

Beberapa langkah optimasi artikel yang bisa kita lakukan adalah:

  • Menyertakan kata kunci pada judul dan subjudul
  • Menyertakan LSI pada artikel
  • Membuat meta deskripsi yang relevan
  • Membuat Sitemap
  • Mengintegrasikan website dengan sosial media

Diharapkan dengan tindakan optimasi diatas, postingan blog yang kita tulis dan terbitkan lebih mudah ditemukan Google dan pembacanya.

8. Ajakan untuk betindak

Saat kita memutuskan untuk menulis artikel topik tertentu, tentu saja kita punya goal untuk dicapai. Tidak sekedar pengunjung yang datang dan kemudian pergi.

Kita ingin mereka melakukan sesuatu untuk kita.

Misalnya membagikan postingan, berlangganan email atau mungkin membeli salah satu produk maupun jasa yang kita tawarkan di website.

Nah, untuk mencapai goal ini tentu saja kita harus mengajak mereka untuk bertindak. Ini adalah bagian penting pada pemasaran online.

Jika anda tidak mengajak mereka untuk "take action", mereka akan pergi begitu saja tanpa ada manfaat yang kita dapatkan dari kedatangan mereka.

Kami selalu berusaha untuk menyertakan ajakan bertindak pada setiap postingan artikel yang diterbitkan di blog ini. Walaupun faktanya tidak semua mereka mengikutnya.

Tips Pro:

Jika anda ingin mendapatkan pembaca setia, mereka akan kembali secara rutin untuk membaca artikel yang anda terbitkan, maka perlu bagi anda untuk membuat artikel dengan menampilkan why diawal, kemudian tampilkan solusinya diakhir.

Sadarkan mereka atas masalah mereka, kemudian tawarkan solusi praktisnya pada mereka.

Jika anda suka membaca buku, inilah yang banyak dilakukan oleh penulis buku best seller. Dampaknya, buku mereka laris manis dipasaran.

Terakhir

Tips cara membuat artikel blog yang SEO Friendly tentu saja akan berkembang dari waktu ke waktu. Kami akan terus memberikan update trik terbaru yang sudah terbukti berhasil.

Tapi, yang paling penting anda menerapkan cara menulis artikel diatas terlebih dahulu.

Buktikan apakah tips cara buat artikel yang kami berikan berhasil atau tidak. Caranya dengan teknik "TETES", Tes, Evaluasi, Tes, Evaluasi kemudian Simpulkan.

Mudah-mudahan tips yang kami bagikan ini berhasil bagi anda.

Anda bisa bagikan postingan ini pada komunitas lain di facebook, telegram maupun whatsapp. Siapa tahu mereka juga membutuhkan solusi seperti ini.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERBARU

TOP