8 Cara membuat SEO Website bekerja efektif mendatangkan pembeli

Dibawah ini kami bahas 8 cara membuat SEO Website benar-benar berdampak pada peningkatan trafik tertarget yang akan membeli produk dan layanan anda.

cara membuat seo website

Bagaimana cara membuat SEO berdampak pada pertumbuhan bisnis

Belum banyak yang tahu bagaimana cara membuat SEO website berdampak efektif untuk mendatangkan pembeli tertarget ke toko online teman-teman.

Padahal SEO adalah salah satu cara promosi website paling efektif mendatangkan calon pembeli tertarget yang tidak rewel dengan harga.

Mereka biasanya sudah punya budget untuk membeli produk kita.

Yang harus kita lakukan hanyalah memenuhi harapan mereka terhadap produk kita. Misalnya mereka berharap produk kualitas bagus, maka berikan harapannya. Dan jarang sekali diantara mereka yang rewel masalah harga.

Bayangkan, penulis bisa closing 6-10 juta/produk dengan cara ini.

Nah sekarang pertanyaannya, bagaimana cara melakukan SEO tersebut sehingga mampu mendatangkan pembeli yang barusan kita bahas.

Dibawah ini adalah beberapa langkah yang bisa teman teman lakukan sebagai salah satu cara membuat SEO benar-benar berdampak pada pertumbuhan bisnis teman-teman.

1. Membuat website SEO Friendly

Langkah pertama dan paling krusial adalah membuat website yang SEO Friendly. Pastikan website yang teman-teman gunakan sudah SEO Friendly.

Kriteria SEO Friendly ini diantaranya adalah mudah di crawling, mobile friendly, fast loading serta memiliki struktur heading yang tepat untuk kebutuhan SEO.

Jika teman-teman menggunakan layanan jasa pembuatan website, pastikan website yang mereka buat sudah memenuhi kriteria yang kami sebutkan diatas.

Jadi, membuat website tidak sekedar ada. Yang penting ada, harga murah tapi tidak bisa digunakan untuk mempromosikan produk kita di internet secara efektif.

Saat ini banyak sekali penyedia jasa website yang menawarkan harga website dibawah 1 jutaan. Dan biasanya, harga tidak akan jauh berbeda dengan kualitas.

Saran kami, siapkan budget pembuatan website 2-5 juta untuk mendapatkan desain website yang benar-benar SEO Friendly sehingga berdampak positif pada bisnis.

Atau kalau teman teman bisa membuat website sendiri, gunakan theme wordpres yang SEO Friendly. Kami sudah bahas pada postingan lainnya.

2. Membuat artikel SEO

Setelah websitenya jadi dan memenuhi kriteria SEO Friendly, selanjutnya kita juga harus membuat artikel SEO. Ini tidak berarti artikel hanya ditujukan untuk Google semata.

SEO Friendly disini harus memenuhi kebutuhan Google dan sekaligus ekspetasi pencari informasi di Google. Sehigga teknik-teknik SEO kuno sudah tidak berlaku lagi.

Seperti keyword stuffing dan lainnya.

Beberapa kriteria artikel SEO diantaranya adalah relevan dengan kata kunci yang ditarget, heading 1 mengandung kata kunci, isi artikel juga terdapat kata kunci dan dimasukan secara natural.

Anda bisa melihat tulisan kami yang lain terkait dengan cara membuat artikel SEO Friendly untuk kebutuhan promosi menggunakan Google organik.

Dengan bantuan artikel SEO Friendly ini, website anda akan semakin mudah masuk Google paling atas dan mendapatkan banyak calon pembeli.

3. Membuat title tag SEO Friendly

Selain membuat artikel SEO Friendly, anda sebaiknya juga membuat title tag yang SEO Friendly. Titlte tag ini biasanya tampil dihalaman hasil pencarian Google.

Sebaiknya, title tag ini juga mengandung kata kunci.

Tujuannya agar title tag relevan dan pencari informasi tertarik untuk klik karena sesuai dengan kata kunci yang mereka ketikan di kotak pencarian Google.

Tapi, pastikan tidak menggunakan kata kunci secara berlebihan.

Title tag ini nantinya akan mempengaruhi CTR (Click Through Rate), semakin bagus title tag yang anda buat maka akan semakin tinggi CTRnya. Dan ini sinyal bagus pada Algoritma Google.

4. Membuat meta tag SEO Friendly

Bagian lain dari title tag adalah Meta Tag. Juga ditampilkan pada hasil pencarian Google Organik. Tidak jauh berbeda dengan title tag, meta tag juga akan memberikan penjelasan singkat pada calon pengunjung seputar halaman website kita.

Jumlah karakter dari meta tag ini biasanya sekitar 140 karakter. Sedikit lebih panjang dibandingkan karakter pada title tag yang hanya 70 karakter saja.

Kita harus mampu memanfaatkan karakter yang terbatas ini untuk mendorong calon pengunjung untuk klik dan berkunjung ke website kita.

Tapi ingat, jangan sekali kali mengelabui pencari informasi.

Misalnya dengan membuat title tag dan meta tag yang tidak sesuai dengan isi artikel yang sebenarnya. Jika ini anda lakukan, mungkin CTR akan naik tajam. Tapi bounce rate juga akan naik.

Jika bounce rate naik, maka ini sinyal negatif pada Google.

5. Membuat internal link

Halaman website yang SEO Friendly tidak terlepas dari Internal link.

Menggunakan fitur internal link ini kita bisa menghubungkan antar halaman menggunakan anchor text tertentu. Gunanya untuk meningkatkan pengalaman pembaca.

Jika anda perhatikan, hampir pada setiap artikel yang kami tulis selalu disertakan internal link untuk meningkatkan pengalaman pengguna website ini.

Selain itu, juga bermanfaat untuk meningkatkan page view dan time on site yang pada akhirnya akan berdampak positif pada ranking website di pencarian Google.

Cuma, kita harus pastikan internal link yang anda pasang relevan. Hubungkan antara topik terkait agar kekuatan halaman website anda semakin bagus.

6. Memberikan backlink berkualitas

Untuk mendorong ranking website agar masuk google paling atas, kita juga bisa menggunakan backlink kontekstual seperti content placement, guest post dan private blog network (PBN).

Dengan bantuan backlink ini, halaman website yang sedang anda optimasi akan lebih mudah masuk halaman 1 Google, karena otoritasnya terus naik.

Saat ini rata-rata harga backlink kontekstual ini berkisar antara 40ribu hingga 100ribuan. Tapi, kalau ingin lebih terjangkau bisa menggunakan Backlink PBN saja.

Selain backlink tipe diatas, kita juga menambahkan backlink komentar, profile dan sosial media.

7. Meningkatkan page experience

Pertengahan tahun 2021 ini Google sudah mulai memberlakukan metrik Page Experience sebagai salah satu faktor ranking website di pencarian Google.

Oleh karenanya, kita harus mengoptimasinya sedemikian rupa.

Untuk anda yang belum tahu seperti apa hasil page experience dari websitenya. Silahkan daftarkan website pada Google Console dan lihat laporannya disana.

8. Evaluasi dan perbaiki

Satu hal yang harus kita ketahui dan pegang dalam melakukan SEO website adalah perubahan algoritma Google. Sehingga SEO menjadi sangat dinamis.

Karena Algoritma terus berubah, maka kita harus selalu mengevaluasi pekerjaan SEO yang dilakukan. Apakah masih work atau justru sudah tidak bisa digunakan.

Jika memang pada kenyataan sudah tidak work, maka kita harus perbaiki menggunakan Teknik SEO yang terbaru, sehingga ranking websitenya naik dan bertahan.

Terakhir

Setidaknya, itulah cara membuat seo website anda benar-benar berdampak untuk mendatangkan trafik potensial ke website bisnis kita.

Jika ingin berhasil, kita harus total melakukan semua hal diatas.

Satu saja yang tidak anda lakukan dengan maksimal, maka ia akan berdampak pada kinerja SEO elemen yang lain. Jadi, jangan diabaikan.

ARTIKEL TERBARU

TOP