Pengertian & 5 strategi pemasaran online untuk mencapai omset 100 jutaan

pemasaran online

Pemasaran Online dan Strategi melakukannya

Bicara pemasaran online memang mengasyikan.

Saat membahas pemasaran online, sejatinya kita tidak saja membahas media yang digunakan. Tetapi juga strategi lanjutan untuk mencapai target omset yang ditetapkan.

Berita baiknya, hari ini kita akan bicara lebih mendalam tentang pemasaran online. Kita tidak saja membahas apa itu pemasaran online.

Tapi juga akan membahas strategi mencapai omset 50 hingga 100 juta hanya dalam hitungan bulan.

Kami fikir, UKM Indonesia membutuhkan tulisan ini.
Terutama mereka yang belum juga menggunakan internet untuk melipatgandakan omset.

Baik, mari kita mulai.

Hari ini perilaku konsumen benar-benar berbeda.

Jika dulu sebagian besar dari mereka lebih suka langsung datang ke Toko,  tidak untuk hari ini. Hal ini disebabkan oleh banyak hal.

Mulai dari mudahnya akses internet, perkembangan teknologi smartphone, semakin menjamurnya toko online yang menawarkan barang berkualitas dengan harga super murah.

Sampai dengan hal yang paling penting, keleluasaan membandingkan satu produk dengan produk lainnya. Baik dari segi harga, kualitas dan ketahanannya.

Harga produk bisa lebih murah, karena rantai distribusi bisa dipangkas.

Jika dulu rantai distribusi bisa mencapai 3-4 lapis, hari ini rantai distribusi benar-benar sangat simple. Bahkan distributor utama bisa langsung menjual produk ke konsumen.

Tentu saja menggunakan teknik-teknik pemasaran online.

Apa itu Pemasaran Online

apa itu pemasaran online

Seperti biasa, ada baiknya kita mulai dengan defenisi terlebih dahulu.

Sebenarnya apa itu pemasaran online.

Pemasaran online adalah rangkaian kegiatan pemasaran, mulai dari perencanaan, tindakan, pelayanan hingga proses delivery produk. Hampir sebagian besar kegiatannya menggunakan internet.

Artinya, anda butuh internet untuk melakukan pemasaran online.

Saat ini ada banyak sekali channel pemasaran online yang bisa anda manfaatkan untuk memasarkan produk secara online.

Mari kita bahas lebih lanjut.

8 Channel Pemasaran Online paling popular

Ada banyak channel pemasaran online yang bisa anda gunakan untuk mendukung proses pemasaran produk yang anda lakukan.

Masing-masing channel memiliki karakteristiknya masing.

Bahkan mereka memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda bisa memilih channel pemasaran yang dianggap paling sesuai dengan audien yang akan ditarget.

Berikut ini adalah beberapa channel pemasaran online yang bisa anda gunakan.

Google Search

Google merupakan channel pemasaran yang paling banyak diminati sejak beberapa tahun lalu. Bahkan sejak kehadiran Facebook dan Instagram.

Rasanya, sebagian besar kehidupan kita tidak bisa terlepas dari mahluk ini

Seringkali ketika menghadapi masalah, kita bertanya pada Google. Saat AC rusak, tanya Google. Butuh penginapan murah, tanya Google. Bahkan mau beli mobil pun tanya Google.

Saat ini Google menjadi bagian penting dari kehidupan kita.

Sebagai seorang Marketer, tentu kita tidak akan menyianyiakan fenomena ini. Ada ratusan juta orang setiap harinya datang ke Google.

Bertanya pada Google untuk berbagai keperluan.

Dan mungkin saja bertanya tentang produk maupun layanan yang anda tawarkan.
Disinilah peluang itu hadir.

Anda hadir saat mereka butuh solusi. Baik berupa produk maupun jasa.

Penulis sendiri sudah memanfaatkan Google untuk mempromosikan usaha melalui Internet sejak tahun 2010. Dan Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan.

Jadi, jika ingin bisnis anda tumbuh dan berkembang. Omset naik secara konsisten. Gunakanlah Google untuk memasarkan produk anda.

Hasilnya memang tidak instan, tapi cenderung konstan.

Facebook

Channel kedua yang bisa anda manfaatkan utuk melakukan pemasaran online adalah Facebook. Baik organic maupun berbayar.

Sejak beberapa tahun lalu, rasanya sudah tidak terhitung yang berhasil profit ratusan juta hanya menggunakan Facebook Advertising.

Saya sendiri sudah menggunakan Facebook Ads sejak tahun 2012.

Melalui fitur-fiturnya facebook, kita bisa menemukan pasar kita dengan sangat mudah. Mulai dari umur, pekerjaan, minat, kesukaan, gadget yang digunakan hingga lokasi mereka.

Itu saja ? Tidak, masih banyak fitur lainnya.

Salah satunya adalah fitur re-targeting. Kita bisa menargetkan ulang audien yang pernah membuka iklan kita, mengunjungi website kita dan menonton video kita.

Sekali saja mereka berinteraksi dengan iklan kita, maka mereka bisa kita kerja hingga “tempat tidur”.

Jadi, dizaman ini tentu sangat disayangkan sekali jika anda tidak memanfaatkan facebook untuk mengembangkan bisnis. Termasuk menaikan omset usaha.

Jika anda belum tahu cara melakukan pemasaran online menggunakan Facebook. Solusinya belajar. Baik gratis maupun berbayar.

Jika anda suka yang gratisan, anda bisa belajar Facebook Ads di Youtube.

Instagram

Selain Google dan Facebook, anda juga disarankan untuk menggunakan Instagram. Apalagi jika produk anda berupa produk fisik.

Apalagi kalau produknya adalah produk fashion.

Intinya, jika ingin bisnis tumbuh dan omsetnya terus naik. Jangan pernah tinggalkan channe pemasaran yang satu ini. Karena sudah banyak sekali yang berhasil menggunakannya.

Awalnnya channe pemasaran online yang satu ini didominasi oleh anak muda. Tapi, sampai kesini sudah banyak juga yang usianya lebih tua.

Marketplace

Dalam pemasaran online, Marketplace ibaratnya pasar induk.

Disana tempatnya berkumpul penjual dan sekaligus pembeli. Logikanya, jika ingin jualan anda cepat laku, pergilah ke pasar (baca: Marketplace).

Saat ini ada banyak marketplace yang bisa anda gunakan, seperti bukabukaan, sotopedia, mistersopi, Ladada, blingbling dan banyak lagi.

Anda bisa mengoptimalkan semuanya sekaligus. Atau pilih marketplace yang paling sesuai dengan market yang anda target.

Yang penting, jangan sampai anda tidak memanfaatkan marketplace sama sekali.

Jika anda tidak tahu bagaimana cara jualan dimarketplace tersebut. Anda bisa belajar di Google, Youtube atau ikut workshop berbayar.

Atau jika anda tidak ingin repot, anda bisa belajar jualan online melalui blog Elite.

Youtube

Sebenarnya cara kerja Youtube lebih kurang mirip dengan Google. Pengunjung akan datang dan mencari solusi yang mereka butuhkan.

Melalui media ini anda bisa melakukan pemasaran online menggunakan Video.

Baik video review, edukasi atau yang lainnya.

Beberapa klien kami yang bergerak dibidang Otomotif (Jualan Mobil) mendapatkan banyak pembeli potensial dari Youtube. Mobil mereka terjual lebih banyak menggunakan video.

Dan masih banyak channel pemasaran online lainnya seperti Forum jual Beli, Email Marketing, Website Toko Online serta Linkedin.

Kelebihan dan Manfaat pemasaran Online untuk usaha

Ada banyak sekali keuntungan jika anda melakukan pemasaran online untuk meningkatkan omset dari bulan ke bulan.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat yang paling nyata terlihat.

Butuh Modal lebih kecil

pemasaran online modal kecil

Untuk melakukan pemasaran internet, anda tidak butuh modal besar.

Tidak sama saat anda memulai bisnis konvensional. Anda tidak butuh sewa tempat, izin ini dan itu. Sehingga bisa menekan biaya saat memulai usaha.

Jika bisnis offline anda butuh modal jutaan hingga puluhan juta.

Tidak begitu dengan pemasaran online. Dengan modal ratusan ribu pun anda sudah bisa melakukan pemasaran online dengan baik.

Internet Marketing ini sangat sesuai untuk pemilik UKM.

Mereka bisa malakua pemasaran tanpa harus khawatir dengan modal promosi yang terbatas. Tidak seperti perusahaan-perusahaan besar diluaran sana.

Buka 24 jam sehari, 7 hari semingu

Menariknya, dengan melakukan pemasaran online anda bisa buka 24 jam nonstop. Walaupun anda sendiri dalam keadaan tertidur. Toko anda tetap jalan.

Untuk bisa melakukan pemasaran online, anda tidak perlu 24 jam dibelakang meja.

Setup website dan lakukan promosi dengan tepat. Maka usaha anda akan ditemukan oleh pelanggan walaupun anda sedang istirahat.

Sudah banyak yang merasakan manaat ini.

Tidak dibatasi jarak

Selama pelanggan anda terkoneksi dengan internet, maka mereka bisa anda jangkau.

Saat ini jarak geografis tidak lagi menjadi penghalang untuk melakukan pemasaran. Anda bisa menjangkau mereka yang ada di Makassar, walaupun anda di Jakarta.

Anda bisa menjangkau mereka yang ada di Surabaya, walaupun anda menjalankan bisnis dari Pekanbaru. Jarak tak lagi jadi kendala.

Sekarang dunia memang tanpa batas.

Menjalankan bisnis dari manapun

Sebagai pemilik bisnis, terkadang kita butuh fleksibilitas.

Baik dari sisi tempat maupun waktu. Nah, dengan melakukan pemasaran online anda tidak lagi terikat dengan tempat dan waktu.

Anda bisa melakukan pemasaran darimanapun dan kapanpun.
Yang paling penting, hasilnya snagat memuaskan.

Coba sendiri jika anda masih ragu.

Pasar sangat besar

Karena tidak adanya batasan geografi, akhirnya anda bisa menjangkau pelanggan dimanapun mereka berada. Selama mereka terkoneksi dengan internet.

Hal ini membuat market anda meningkat secara signifikan.

Ini akan membantu anda untuk meningkatkan omset anda hingga ratusan persen tanpa harus mengeluarkan biaya modal yang super besar.

Masih banyak manfaat pemasaran online untuk pemilik usaha.
Yang kami sebutkan diatas hanyalah beberapa dari banyak sekali kelebihannya.

Contoh Bisnis yang butuh pemasaran online

Rasanya, hampir semua bisnis membutuhkan pemasaran online. Selama mereka butuh pembeli, maka pemasaran menjadi penting untuk dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa bisnis yang sangat kami anjurkan untuk melakukan pemasaran online sekarang juga.

Konsultan Pajak

Layanan ini sangat cocok dipromosikan menggunakan Google Search.

Jasa Konsultan Pajak merupakan salah satu layanan yang berbasis kebutuhan. Seseorang baru akan mencari layanan ini ketika mereka butuh.

Ini artinya, anda tidak bisa mempromosikannya sepanjang waktu.

Sebagus dan se-kreatif apapun iklan anda, jika mereka tidak butuh Jasa Konsultan yang anda tawarkan. Tetap saja mereka tidak akan menggunakan layanan anda

Itulah mengapa kami menyarankan untuk menggunakan Google sebagai media promosi utama bagi bisnis anda.

Anda tidak bisa menawarkan nasi padang orang kenyang.

Pengusaha Travel

Sama dengan jasa konsultan, bisnis ini juga sangat cocok dipromosikan melalui Google menggunakan SEO (Search Engine Optimization).

Anda juga bisa kombinasikan dengan Youtube dan Instagram.

Banyak sekali pengusaha travel yang sukses melakukan pemasaran online dengan mengoptimalkan 3 media promosi online ini. Google, Youtube dan instagram.

Agen perjalanan Wisata

Model Bisnis sangat cocok mempromosikan produknya menggunakan website plus SEO. Anda juga bisa melakukan Content Marketing.

Selain itu, anda juga bisa upload video-video perjalanan wisata melalui Youtube. Sementara untuk foto-fotonya bisa upload ke Instagram.

Edukasi market anda dengan baik. Sehingga mereka semakin yakin pada anda.

Yakin bahwa anda expert dibidang ini.

Travel Haji dan Umroh

Selain dengan memiliki simpul-simpul pengajian, travel haji dan umroh juga bagus melakukan pemasaran online menggunakan website + SEO (Search Engine Optimization).

Anda bisa menyewa Jasa SEO Profesional jika tidak bisa melakukan SEO secara mandiri.

Idealnya, anda melakukan optimasi untuk keyword 1 tahun sebelum momennya. Misalnya, anda optimasi keyword “Paket Promo Umroh 2021” sejak tahun 2020.

Sehingga hasilnya lebih optimal dan memuaskan.

Sewa Mobil

Bisnis Rental Mobil lebih kurang sama dengan bisnis Konsultan.

Pelanggan anda baru mencari layanan ini ketika mereka butuh. Iklan Facebook dan Instagram tidak terlalu bagus untuk mengenjot omset usaha anda.

Yang harus anda lakukan, pastikan keyword-keyword potensial bisa anda kuasai dihalaman 1 Google.

Misalnya, rental mobil plus nama kota, sewa mobi plus nama kota.
Semakin banyak yang anda kuasai semakin baus

Jika anda punya budget, mungkin bisa juga menggunakan iklan berbayar.

Seperti iklan Google Adword, Facebook Advertising dan Instagram Ads. Tapi ingat, anda tidak memasang iklan sepanjang tahun. Cukup 1-2 bulan sebelum momen tertentu.

Seperti momen lebaran, liburan dan akhir tahun.

Grosir Pakaian

Outbound Provider

Pemandu Wisata

Pemilik Villa dan penginapan

Showroom Mobil Bekas

Sales Mobil

Kontraktor

Arsitek

Strategi promosi dengan Pemasaran online

Tentukan target omset

Langkah awal, tentukan goal anda terlebih dahulu.

Dalam pemasaran online, lazimnya goal berupa omset dan profit. Coba tentukan berapa target omset yang ingin anda capai dari produk yang anda jual sekarang.

Misalnya anda jual paket wisata bali.

Biaya Paket Wisata termurah misalnya : 2.5 juta per-orang dengan profitnya sebesar 1 juta. Sementara anda ingin mencapai omset 1 Millyar dalam 1 tahun.

Dari goal yang sudah anda tentukan tersebut, selanjutnya coba breakdown.

Berapa paket wisata yang harus anda jual setiap bulannya untuk mencapai omset sebesar itu. Selain itu, mungkin bisa menambahkan produk turunan untuk mempercepat tercapainya goal.

Lakukan riset pasar

Setela anda menentukan goal. Langkah beriktunya adalah riset pasar.

Coba temukan persona dari calon pelanggan anda. Apa pekerjaannya, jenis kelamin, umur mereka, status marital dan lain sebagainya.

Dengan persona yang anda dapatkan ini, bisa dikembangkan pada channel yang sering mereka gunakan saat online di Internet.

Ini akan berguna untuk tahapan selanjutnya.

Tentukan channel pemasaran utama

Setelah mengetahui persona calon konsumen. Langkah berikutnya adalah menentukan channel pemasaran utama.

Ini bukan berarti anda tidak menggunakan channel yang lain. Tidak.

Hanya saja, untuk  awal ini anda akan optimalkan satu channel pemasaran terlebih dahulu. Setelah berhasil, baru berfikir menggunakan channel yang lain.

Misalnya persona konsumen anda adalah : usia 30 keatas, sudah bekerja, menikah, punya anak, well educated dan sering menggunakan Google.

Nah, dari data diatas kita bisa menggunakan Google sebagai channel utamanya.

Optimalkan channel pemasaran

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya.

Anda tidak harus menggunakan satu channel sampai akhir.

Kita bisa menggunakan semua channel. Tapi tidak bersamaan, apalagi bagi anda yang masih baru dan minim pengalaman.

Kami sarankan untuk mengoptimalkan satu channel terlebih dahulu.

Tapi, jika channel utama sudah optimal. Anda juga sudah memiliki ilmu dan pengalaman yang memadai, barulah berfikir untuk mengkombinasikannya dengan channel pemasaran yang lain.

Misalnya Google dengan Facebook.

Evaluasi

Ini merupakan elemen penting untuk menyongsong keberhasilan dalam pemasaran online. Apapun yang kita lakukan, penting untuk selalu mengevaluasinya.

Kita harus evaluasi cara kita melakukannya. Lebih penting lagi, dampaknya pada bisnis kita.

Pada tahapan ini, kita bisa saja evaluasi produknya, channel pemasaran, target market yang kita sasar hingga iklan yang kita gunakan.

Semuanya harus diukur dan dievaluasi.

Yang memiliki kinerja bagus maka dilanjutkan da ditingkatkan. Sementara yang memiliki kinerja buruk, maka harus ditinggalkan.

Repeat

Setelah melalui segenap tahapan diatas. Maka anda akan menemukan tekinik pemasaran online yang tepat bagi produk anda.

Selanjutnya anda tinggal ulangi sampai target omsetnya tercapai.

Begitu seterusnya.

Teknik dan Cara pemasaran online

Ada banyak sekali teknik dan cara pemasaran online yang bisa anda coba untuk mencapai goal anda dalam pemasaran online.

Pada kesempatan ini, kami hanya akan membahas beberapa yang kami anggap bagus.
Beberapa diantaranya adalah :

SEO (Search Engine Optimization)

Teknik pertama yang kami sarankan adalah SEO.

Goal dari teknik ini adalah agar website anda bisa ditemukan dengan mudah oleh calon pelanggan saat mereka berusaha mencari bisnis maupun produk anda di Google.

Jangan sampai website yang muncul justru website kompetitor anda.

Ha ini bisa anda capai hanya dengan melakukan SEO Website dengan benar. Jika anda tidak yakin bisa melakukannya, kami menyarankan menggunakan Layanan Konsultan SEO.

SEO adalah teknik pemasaran online yang sudah terbukti berhasil sejak lama. Untuk yang belum paham, silahkan pelajari disini

Bahkan, kami sendiri sudah membuktikannya. Berhasil mencapai omset ratusan juta perbulan hanya dengan mengandalkan SEO Google.

Kami yakin, bisnis anda bisa mendapatkan omset yang lebih besar.

Iklan PPC aka Google Adword

Teknik pemasaran berikutnya adalah Google Adword.

Google Adword merupakan salah satu produk periklanan Google yang juga kami sarankan, saat ini lazim disebut dengan Google Ads. Sering juga disebutkan dengan Iklan PPC (Pay per Click).

Merupakan teknik promosi produk cara berbayar.

Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa menggunakan layanan ini. Sistem pembayarannya dihitung berdasarkan klik yang dilakukan pengguna terhadap iklan anda.

Kami menyarankan anda menggunakan teknik untuk momen-momen tertentu saja. Apalagi jika produk dan layanan anda berbasis kebutuhan.

Misalnya, untuk penyedia paket Wisata. Mungkin ada baiknya anda memasang iklan Google 3-1 bulan sebelum liburan dan akhir tahun.

Anda tidak harus menggunakanny sepanjang tahun.

Selain biayanya mahal, hasilnya juga tidak akan memuaskan. Walaupun anda menganggarkan banyak uang untuk mendapatkan pelanggan.

Facebook Advertising

Untuk meningkatkan jumlah pelanggan dari waktu ke waktu, anda bisa menggunakan Iklan berbayar yang ditawarkan oleh Facebook.

Ada 2 cara yang paling umum.

Cara pertama adalah dengan melakukan re-targeting pada pengunjung yang sudah pernah berkunjung ke website atau blog anda.

Dan cara kedua menggunakan fitur audien yang disediakan Facebook.

Sama halnya dengan Google Ads, beriklan di Facebook sebaiknya juga anda perhatikan memomentumnya. Terutama untuk layanan yang berbasis kebutuhan.

Tapi, jika produk anda tidak berbasis kebutuhan.

Anda bisa memasang iklan Facebook sepanjang tahun selama budget iklannya tersedia.

Sebenarnya masih banyak teknik pemasaran online lain yang bisa anda coba. Seperti Content Marketing, Viral Marketing dan lain sebagainya.

Kami berharap, dengan 3 teknik pemasaran online diatas anda sudah bisa mencapai goal.

Tips pemasaran online untuk pemula

Khusus untuk teman-teman yang baru memulai pemasaran online, kami dari Azhima ingin memberikan beberapa tips sederhana tapi berdampak pada hasil.

Mulailah dari yang anda miliki