Apa itu SEO & Bagaimana Cara Kerja Search Engine Optimization ini

apa itu seo

Apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya

Banyak yang belum tahu apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya. Padahal, dengan SEO ini anda bisa mendatangkan pengunjung organic dari Google tanpa harus bayar iklan berkali-kali.

Ini artinya, anda bisa hemat puluhan juta perbulan untuk biaya iklan. Mau nolak? Nggak dong : )

Untuk anda yang tidak ingin kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan potensial dari Google. Kami sudah membuat panduan SEO Gratis untuk anda. Ya . Ini gratis.

Jangan lewatkan kesempatan baik ini.

Banyak website owner yang melewatkan Teknik SEO dalam pemasaran online mereka. Padahal, jika mereka mau belajar SEO sedikit saja. Mereka bisa melakukan perubahan besar terhadap peringkat website di mesin pencari.

Perubahan ini tidak hanya terkait dengan peringkat website anda. Tapi juga perubahan omset dan profit bisnis anda.

Note : Jadi, luangkanlah waktu anda beberapa menit untuk membaca dan memahami panduan SEO kami ini. Karena, banyak istilah-istilah SEO dan hal teknis yang akan kami bahas.

Apa itu SEO

Kita mulai dari yang paling mendasar, Apa itu SEO.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Merupakan istilah dalam Bahasa Inggris. Namun, jika kita artikan, SEO merupakan tindakan yang dilakukan oleh website owner/webmaster berupa optimasi website agar mendapatkan peringkat terbaik pada hasil penelusuran mesin pencari.

Jadi, tujuan SEO adalah meningkatkan peringkat website untuk kata kunci tertentu di Google.

Dengan tindakan-tindakan SEO yang dilakukan, diharapkan website anda masuk halaman 1 Google untuk istilah/kata kunci yang ditarget.

Misalnya anda baru saja launching bisnis Travel Haji dan Umroh.

Anda ingin website tersebut mendapatkan ranking untuk keyword “Travel Umroh Jakarta” dan “Paket Umroh 2019”. Maka, yang mesti anda lakukan adalah mengoptimasi website untuk 2 kata kunci yang ditarget tersebut.

Cara optimasinya bagaimana?

Sabar. Kita belum masuk ke bagian itu. Makanya teruskan membaca.

Cara Kerja SEO

Oke. Agar pengetahuan anda tentang SEO semakin bertambah. Pada bagian ini kita akan bahas bagaimana cara kerja SEO.

Tapi, kita tidak akan bisa memahami bagaimana SEO bekerja jika tidak tahu bagaimana Search Engine seperti Google bekerja.

Ini artinya, kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana mesin pencari itu bekerja. Sepakat?

Cara Kerja Search Engine

Pada dasarnya, cara kerja semua search engine itu sama aja. Termasuk Google.

Scanning

Awalnya mereka melakukan scanning terhadap seluruh halaman website yang ada di internet. Halaman website yang bisa mereka scanning hanyalah yang tersedia untuk publik. Yang tidak tersedia untuk publik, mereka tidak bisa melakukan scanning.

Scanning ini dilakukan oleh robot mesin pencari seperti Google. Biasanya disebut dengan Googlebot. Prosesnya disebut dengan “Crawling”.

Oke. Ingat, proses scanning ini Namanya “Crawling’. Ulangi lagi, crawling.

Sipp . . .

Indexing

Setelah mesin telusur ini melakukan crawling, lalu apa lagi?

Selanjutnya mereka melakukan pengumpulan data yang sudah berhasil di crawling. Data halaman website yang sudah mereka dapatkan itu di kumpulkan dalam sebuah database, kemudian di kelompokan berdasarkan kriteria tertentu.

Kriteria yang paling umum digunakan adalah topik halaman website tersebut. Tapi, mungkin ada kriteria lain.

Nah, proses pengumpulan data dan pengelompokan ini disebut dengan “Indexing”. Jadi, kalau website anda tidak di index google, bisa jadi itu terjadi karena pada tahapan sebelumnya mereka tidak bisa melakukan crawling terhadap website anda.

Oke. Sampai sini paham ya. Mesin pencari itu melakukan crawling dulu, baru indexing.

Untuk anda yang penasaran. Apakah websitenya sudah terindex google atau belum, silahkan ketikan di Google : site:alamatwebsiteanda.com

Jika website anda muncul, itu artinya sudah terindex Google. Jika tidak muncul, mungkin anda perlu perbaiki settingan websitenya.

Selanjutnya apa . . .

Tunggu dulu. Anda harus tahu bahwa crawling dan indexing itu terjadi di back end mesin pencari. Kita tidak pernah tahu bagaimana algoritmanya bekerja.

Menampilkan hasil

Tahapan ketiga adalah menampilkan hasil indexing pada pencari informasi di Internet.

Misalnya anda sedang ingin tahu lebih jauh tentang Bitcoin. Lalu, anda coba ketikan apa itu “Bitcoin” di kota pencari Google.

Maka, Google akan menampilkan informasi yang terkait dengan bitcoin di mesin pencari. Secara default akan ditampilkan 10 website di halaman pertama.

10 website yang ditampilkan itu adalah halaman website yang dianggap paling relevan oleh Google. Semakin tinggi rankingnya, maka itu pertanda halaman tersebut paling relevan (menurut algoritma Google).

Begitulah umumnya mesin pencari bekerja. Crawling, indexing dan menampilkan halaman website yang dianggap paling relevan dengan “keyword” yang diketikan pencari informasi di Google.

Lalu, apa hubungannya dengan Cara Kerja SEO.

Jelas ada dong. Coba anda perhatikan.

Agar website bisa ditampilkan di halaman 1 Google. Setidaknya kita harus melakukan beberapa hal ini pada website :

  • Memastikan website bisa di crawling oleh Google Bot
  • Memastikan website di Index Google, masuk database Google.
  • Dan memastikan halaman website kita paling relevan dengan keyword yang kita target, sehingga bisa dimunculkan pada halaman paling dpen.

Sebelumnya kita sudah memberikan contoh website tentang Travel Umroh. Jika keyword yang ditarget adalah “Travel Umroh Jakarta” dan “Paket Umroh 2019”, maka kita harus membuat halaman yang relevan dengan keyword ini.

Bagaimana caranya? Ya, dengan Optimasi SEO.

Mulai dari technical SEO, Onpage SEO dan Off-page SEO.

Untuk anda yang ingin belajar lebih jauh terkait dengan 3 hal ini, kami sarankan untuk belajar di Kaffah Academy. Salah satu Blog Belajar SEO Indonesia.

Anda tidak perlu bayar untuk belajar SEO disana. Karena, saat ini mereka membagikannya secara gratis. Segera kunjungi sekarang. Mumpung masih gratis.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Ranking di Google

Selanjutnya, kami ingin membagikan beberapa hal terkait dengan factor-faktor yang mempengaruhi peringkat website anda di Google. Jika anda serius dengan optimasi website, maka hal ini sangat penting untuk anda ketahui.

Technical SEO

Technical SEO ini lebih banyak terkait dengan hal-hal teknis pada website anda. Apakah ada broken link, program web yang error dan lain sebagainya.

Jika hal ini tidak anda perbaiki sesuai dengan kriteria yang di inginkan mesin pencari. Maka kecil kemungkinan website anda akan tampil di mesin pencari.

Inilah mengapa, kami sangat menyarankan agar anda menyewa Jasa Pembuatan website yang mengerti dengan SEO. Tidak sekesar desain bagus dan keren.

Karena tujuan anda buat website bukan untuk pamer. Tapi, untuk jualan melalui internet. Benarkah?

SEO Onpage

Jika anda ingin mendapatkan ranking terbaik pada hasil penelurusan mesin pencari. Maka pastikan anda melakukan SEO Onpage terlebih dahulu

Mulai dari Judul, Struktur Konten, Gambar, Video dan lain sebagianya. Harus di optimasi agar memenuhi standar SEO Onpage yang bagus.

Jika dibahas, materi SEO tentang SEO Onpage tentu akan sangat Panjang sekali. Mungkin lain kali kami akan coba membahasnya untuk anda.

SEO Off-page

Selain technical SEO dan SEO Onpage, anda juga harus melakukan SEO Off-page.

SEO Off-page ini lebih popular dengan sebutan Link Building. Link Building adalah proses membangun backlink berkualitas untuk website yang sedang di optimasi.

Teknik SEO Off-page ini juga banyak sekali. Seperti Guest Post, Content Placement, Backlink Profile, Private Blog Network dan lain sebagainya.

Dari banyak pekerjaan SEO yang anda lakukan, bagian yang paling sulit, membutuhkan waktu lama dan biaya adalah SEO Off-page ini.

Karena repot dan menghabiskan banyak waktu. Maka kita bisa mempermudah dengan menggunakan Jasa Backlink yang banyak beredar di Internet.

Kami sendiri, lebih menyukai menggunakan Jasa Content Placement dan Guest Post Indonesia. Disamping lebih berkualits, juga lebih aman dari Pinalti Algoritma Google.

Saatnya Optimasi Webiste

Selanjutnya apa

Oke. Anda sudah tahu apa itu SEO. Bagaimana mesin pencari bekerja. Yang paling penting, bagaimana cara Kerja SEO.

Menurut kami, ini sudah lebih dari cukup untuk memulai Optimasi Website anda. Jangan tunda lagi, sebelum persaingan keyword yang anda target semakin berat.

Tentu saja, kami tetap menyarankan anda untuk terus upgrade pengetahuan tentang SEO. Mulai dengan mengikuti workshop, ikuti kursus SEO ataupun Private SEO jika memungkinkan.

Terus evaluasi kinerja SEO website anda. Jika anda tidak tahu bagaimana mengevaluasinya, mungkin anda harus belajar juga tentang KPI SEO terlebih dahulu.

Kesimpulan

Setelah ini, anda jangan lagi bertanya tentang Apa itu SEO dan cara kerja SEO. Yang harus tanya berikutnya adalah bagaimana mendominasi halaman 1 Google dengan website anda.

Jika itu bisa anda lakukan, kami pastikan profit anda akan meningkat tajam. Percayalah.

Konten ini ditulis oleh Hidayat Mundana. Salah satu penyedia Jasa Konsultan SEO, salah satunya di Azhima. Untuk anda yang butuh layanan kami, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia.