AzhimaBlog AzhimaSEO HackCara mendapatkan Backlink Website untuk menaikan Ranking website

Cara mendapatkan Backlink Website untuk meningkatkan ranking di Google

Untuk bisa masuk halaman pertama Google kita harus melakukan link building. Ada banyak cara mendapatkan backlink website, 7 diantaranya akan kita bahas melalui artikel ini.

cara mendapatkan backlink website

Gambar: #unplash

Hingga hari ini backlink masih menjadi faktor penting dalam menentukan ranking website. Sehingga kita harus tahu cara backlink website yang efektif.

Tidak itu saja, kita juga harus tahu bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas sehingga benar-benar memiliki impact signifikan pada ranking website.

Pada postingan ini, kita akan belajar terkait hal ini.

Kita akan bahas apa saja langkah-langkah yang bisa kita lakukan utnuk mendapatkan backlink website dari domain high authority.

Baik itu backlink No-Follow maupun Dofollow.

1. Bangun Otoritas

Coba bayangkan, jika anda ingin pasang link eksternal ke website lain. Kira-kira website seperti apa yang akan anda berikan link.

Apa kriteria website tersebut. Atau tidak ada sama sekali.

Umumnya blogger hanya mau memberikan backlink ke website yang memiliki otoritas. Mulai dari otoriatas konten, brand maupun dari sisi legalitas.

Inilah jawabannya kenapa  banyak yang memberikan link ke Wikipedia.

Oleh karenanya, mulai sekarang bangunlah otoritas blog anda. Tingkatkan kualitasnya, bangun juga authority anda sebagai founder dari  blog tersebut.

Disisi lain, anda juga bisa meningkatkan otoritas dari sisi metrik SEO. Seperti Domain dan Page Authority, Domain Rating serta Trust Flow.

Intinya, semakin tinggi otoritas anda maka semakin besar peluangnya mendapatkan backlink gratis untuk website.

Akhirnya, ranking bisa naik tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

2. Buat konten unik

cara mendapatkan backlink dengan konten unik

Ada ungkapan yang cukup populer beberapa tahun belakangan ini, ungkapan itu berbunyi "sedikit berbeda itu lebih bagus daripada terbaik atau lebih baik".

Jika konten anda menarik dan berkualitas tapi relatif sama dengan konten yang disajikan website lain, hal tersebut tidak akan mengundang backlink.

Karena blogger punya banyak referensi terkait konten tersebut.

Oleh karenanya buatlah konten yang sama sekali berbeda dan tidak diterbitkan oleh blogger lain. Kalaupun topiknya sama, buatlah konten dengan sudut pandang berbeda.

Dengan cara ini, maka peluang website anda diberikan backlink oleh blogger lain akan semakin besar.

3. Sajikan konten data

Salah satu tipe konten yang mengundang banyak backlink adalah konten yang menyajikan data. Dan menariknya, jarang blogger yang melakukannya.

Sehingga ini adalah kesempatan baik bagi anda.

Misalnya data trafik marketplace Indonesia yang disajikan oleh Salim Digital. Ini adalah salah satu cara mendapatkan backlink tanpa mengeluarkan uang.

Diluar sana, rata-rata website besar mendapatkan backlink dengan cara ini.

Nah, sekarang kita juga bisa menduplikasinya. Sehingga bisa mendapatkan backlink berkualitas tanpa harus membayar dan mengeluarkan uang.

4. Optimalkan platform konten sharing

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan backlink website adalah dengan menggunakan platform konten sharing.

Beberapa platform konten sharing adalah :

  1. Medium
  2. Kompasiana
  3. Hipwee
  4. VIVA Blog
  5. Kaskus
  6. Reddit dan
  7. SlideShare

Nah jika anda ingin membuat backlink yang mengarah ke website anda, cobalah untuk menerbitkan artikel di platform tersebut.

Hanya saja backlink dari platform ini biasanya tidak dofollow.

5. Aktif melakukan Guest Blogging

Selain dengan menerbitkan artikel di website konten sharing, kita bisa melakukan guest blogging. Baik gratisan maupun yang berbayar.

Tapi, banyak blogger yang menawarkan secara gratis.

Kita tinggal membuat konten berkualitas dengan topik yang sesuai dengan website tersebut. Kemudian pasang link yang mengarah ke website kita.

Cuma untuk guest blogging link biasanya terdapat dibagian author.

6. Content Placement

Mendapatkan backlink website dengan cara content placement sebenarnya tidak berbeda dengan guest blogging.

Bedanya, content placement biasanya berbayar.

Untuk menerbitkan konten di website orang lain kita harus membayar dalam jumlah tertentu. Untuk harganya bervariasi, tergantung kesepatan saja.

Cuma, content placement kita bisa memasang backlink di dalam teks dengan tipe backlink dofollow. Sehingga lebih berdampak.

Untuk harga content placement sangat bervariasi. Berkisar antara 50ribu hingga 150 ribu per postingan.

Tergantung otoritas website tempat content placement.

7. Pesan backlink PBN

Cara yang paling umum dan banyak dipraktekan blogger dan website owner untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah membeli backlink PBN.

Selain mudah dan cepat, hasilnya juga memuaskan.

Kita bisa memilih penyedia backlink PBN yang menawarkan backlink dengan domain otoritas tinggi. Biasanya berkisar antara 30-60.

Jika website kita mendapatkan backlink dari domain ini. Maka peluang mendapatkan ranking yang lebih baik akan semakin besar.

Salah satu penyedia jasa backlink PBN adalah Azhima SEO.

Kesimpulan

Sebenarnya ada banyak cara mendapatkan backlink website.

Kita tinggal pilih sesuai dengan keadaan masing-masing. Jika budget untuk pasang backlink cukup, kami sarankan untuk melakukan content placement dan PBN.

Namun, jika budget terbatas atau tidak ada. Bisa coba cara gratisan dulu.

Tapi, jika ingin naik ranking website di pencarian Google. Kita tidak punya pilihan lain selain memberikan backlink terhadap website kita.

ARTIKEL TERBARU

TOP