8 Cara agar blog muncul di pencarian google dengan cepat

Tulisan ini akan menjawab pertanyaan anda seputar cara agar  blog muncul di pencarian Google dengan mudah, cepat tanpa harus menunggu terlalu lama.

Cara agar blog muncul di pencarian google

Trik cara agar judul postingan muncul di pencarian Google

Cukup banyak yang bertanya bagaimana cara agar blog muncul di pencarian Google. Bahkan di waktu yang lain ada juga yang bertanya bagaimana agar blog muncul di Google paling atas.

Ini pertanyaan yang berbeda, tapi saling berkaitan.

Untuk bisa muncul di Google paling atas, tentu saja kita harus memastikan ia muncul terlebih dahulu di pencarian Google. Alias blog dan postingan harus terindex Google.

Jika postingan tidak terindex maka sulit untuk bisa tampil di Google paling atas.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin membahas beberapa hal terkait dengan pertanyaan diatas. Bagaimana cara agar blog muncul di pencarian Google dengen cepat dan mudah.

Kami berharap, tulisan ini berguna bagi teman-teman yang masih bingung cara agar postingan blog muncul di pencarian Google.

Tapi ingat, baca pelan dan sampai tuntas.

1. Buat konten yang relevan

Tugas pertama yang harus diseleseaikan adalah membuat konten yang relevan dengan kata kunci yang diketikan oleh pencari informasi.

Teman-teman harus paham bahwa Google hanya akan menampilkan postingan yang relevan dengan kata kunci yang diketikan dikotak pencarian mereka. Beginilah cara kerja mesin pencari Google.

Ini artinya, kita harus cari tahu dulu apa kata kunci yang sering digunakan.

Proses menemukan kata kunci ini disebut dengan riset kata kunci. Prosesnya tidak sulit, apalagi ada banyak sekali alat seo yang bisa kita gunakan.

Melalui riset kata kunci ini kita jadi tahu apa saja kata kunci yang digunakan, berapa banyak penggunanya dalam hitungan bulan bahkan kita juga tahu level kompetisi dari kata kunci tersebut.

Untuk teman teman yang belum tahu bagaimana cara melakukan riset kata kunci, sebaiknya baca tulisan kami yang lain terkait dengan cara riset kata kunci, gratis.

Dari hasil riset kata kunci barulah teman-teman membuat artikel sesuai dengan “intent” dari kata kunci yang ditarget. Insya Allah postingan akan lebih cepat muncul di Google pencarian.

2. Buat struktur konten yang baik

Mungkin teman-teman pernah baca skripsi, bahkan mungkin membuatnya. Coba perhatikan, skripsi selalu terdiri dari daftar isi. Disusun secara terstruktur.

Salah satu kegunaannya agar kita mudah memahami topik yang dibahas.

Begitu juga dengan postingan yang teman-teman tulis. Usahakan dibuat dengan struktur yang mudah dipahami. Mulai dari judul subjudul, list dan lainnya.

Bahkan dengan melihat struktur ini saja kita bisa memahami konteks dari artikel.

Mungkin akan ada yang menyela, itu website lain tidak memiliki struktur artikel yang bagus tapi tetap saja bisa ranking dan masuk halaman 1 Google.

Iya, memang ada yang juga berhasil masuk. Tapi, mungkin saja didorong oleh faktor lain. Misalnya otoritas domain yang sudah sangat bagus.

Untuk teman teman yang domainnya masih baru, sebaiknya membuat konten dengan struktur yang baik dan mudah dipahami.

3. Optimasi Onpage

Langkah berikutnya agar blog dan judul postingan muncul dipencarian Google adalah dengan melakukan optimasi onpage. Bahkan ini langkah yang sangat penting untuk saat ini.

Ketika membuat judul, subjudul dan bahkan konten. Usahakan untuk mengoptimasi dengan baik. Salah satunya dengan menyertakan kata kunci pada judul dan subjudul.

Selain itu, usahakan juga untuk memasukan kata kunci di paragraf pertama.

Tapi ingat, saat menyertakan kata kunci ini kita tidak boleh merusak “readability” dari judul maupun paragraf tersebut. Buat senatural mungkin sehingga enak dibaca.

Sebenarnya, membuat konten artikel secara terstruktur juga bagian dari SEO Onpage. Jika anda melakukan dengan benar, maka ingin akan berdampak pada kemudahan Google dalam merayapi url postingan dan kemudian menampilkannya di pencarian.

Untuk mengetahui apa saja elemen SEO Onpage yang harus dioptimasi, mungkin anda bisa baca pada postingan blog kami yang lain.

4. Internal Link

Banyak praktisi SEO pemula yang mengabaikan internal link ini. Padahal internal link sangat membantu untuk mempercepat proses indexing Google terhadap postingan kita.

Kami menyarankan agar teman teman selalu menyertakan internal link pada postingan terkait dengan pembahasan saat ini.

Selain itu, praktek yang sering penulis lakukan adalah memasang link postingan yang mau di index pada postingan artikel lain yang sudah terindex google, apalagi yang sudah punya trafik.

Dengan cara ini maka postingan blog kita akan semakin cepat bisa muncul di pencarian Google. Walaupun kita belum memberikan backlink authority.

Untuk membuat internal lini usahakan tidak dipasang di paragraf pertama dan kedua. Kecuali terpaksa. Kami menyarankan untuk disertakan pada paragraf ketiga dan selanjutnya.

Coba teman teman bayangkan, kita baru baja terus langsung disuruh buka halaman lain.

Dengan praktek begini, maka ini memberikan sinyal pada Google seolah-seolah halaman yang dibuka tidak relevan dengan kata kunci yang mereka ketikan.

Akhirnya, Google akan “berfikir” untuk tidak mengidex halaman blog saat ini.

5. Pastikan Blog dan Url postingan terindex

cara agar postingan muncul di google Search

Sumber : Yoast SEO

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, selanjutnya teman-teman perlu memastikan bahwa url postingan sudah dirayapi google dan kemudian terindex.

Jika url postingan belum terindex, dorong Google untuk mengindexnya.

Kami sudah membuat postingan bagaimaca cara agar blog cepat terindex Google, silahkan dibaca dan pahami kemudian praktekan trik dan strateginya.

Jika url postingan sudah terindex, besar kemungkinan akan masuk halaman 1 Google.

6. Pasang Backlink High Authority

Jika sudah melakukan banyak langkah-langkah diatas tapi blog belum muncul di pencarian Google. Ada baiknya teman-teman memberikan  backlink authority.

Mulai dari Guest Post, Content Placement termasuk Backlink PBN Berkualitas.

Untuk backlink PBN, teman teman bisa menggunakan layanan yang banyak ditawarkan di Google dan forum-forum SEO, salah satunya adalah ditempat ini.

7. Share ke sosial media

Cara lain untuk mempercepat blog muncul dipencarian Google adalah dengan membagikan postingan kita ke sosial media. Baik akun personal maupun fanspage.

Tapi ingat, tidak perlu berlebihan. Keep natural.

Biasanya dengan mengikuti langkah langkah yang kami sebutkan diatas peluang postingan blog muncul dipencarian google apalagi paling atas akan semakin mudah.

8. Sabar

Cara lain untuk mempercepat blog muncul dipencarian Google adalah dengan membagikan postingan kita ke sosial media. Baik akun personal maupun fanspage.

Tapi ingat, tidak perlu berlebihan. Keep natural.

Biasanya dengan mengikuti langkah langkah yang kami sebutkan diatas peluang postingan blog muncul dipencarian google apalagi paling atas akan semakin mudah.

Terakhir

Setidaknya ada 7 cara yang bisa anda coba agar blog muncul di pencarian Google dan bahkan tampil di Google paling atas. Lakukan setidaknya satu  saja.

Kalau teman teman bisa melakukan semuanya, itu bagus banget.

Langkah-langkah yang kami tulis diatas juga bisa dijadikan alat untuk evaluasi postingan blog teman teman yang tidak kunjung muncul di Google. Lihat, apanya yang belum teman teman lakukan.

Jika postingan teman teman baru muncul dipencarian google setelah beberapa hari setelah diterbitkan, itu normal. Apalagi jika teman teman jarang sekali menerbitkan postingan baru.

Semoga tulisan kami ini berguna bagi teman teman semua.

ARTIKEL TERBARU

TOP