AzhimaBlog AzhimaSEO Hack8 Cara agar postingan Blog terindex Google dengan cepat

8 Cara agar artikel cepat terindex Google dengan cepat, pelajari tekniknya disini

Cara manual mempercepat index Google

Pelajari 8 Cara agar artikel cepat terindex Google Search sehingga bisa ditemukan di halaman 1 Google untuk keyword maupun kata kunci yang sudah anda optimasi.

cara agar artikel cepat terindex google

Cara Index Google, cara kerja mesin pencari

Jika ingin website dan postingan blog anda ditampilkan pada hasil pencarian Google, maka kita harus memastikan website tersebut terindex oleh Google

Pada pembahasan mengenai cara kerja Mesin pencari Google, kita sudah membahas apa saja tahapan kerja mesin pencari seperti Google.

Pertama, Google akan melakukan yang kita sebut dengan crawling.

Mereka akan mengunjungi setiap halaman website yang bisa diakses oleh publik. Proses crawling ini dilakukan oleh  bot-nya Google.

Bot Google hanya bisa mengunjung halaman yang settingannya publik.

Jika anda melarang mesin pencari untuk crawling website anda, maka sampai kapanpun website anda tidak akan pernah bisa mereka index.

Jadi, pertama pastikan website anda bisa dicrawling.

Khusus untuk pengguna WordPress, langkah untuk melakukan setting publik terhadap halaman website bisa dilakukan dengan mudah.

Kita akan bahas nanti.

Setelah melakukan crawling, selanjut mesin pencari Google akan menyimpan halaman website yang berhasil dikunjungi di database mereka, inilah yang kita sebut dengan indexing.

Setelah crawling mereka akan menyimpannya di database. Sehingga jika sewaktu-waktu ada user yang mencari halaman ini maka Google akan menampilkannya.

Proses menampilkan hasil ini adalah tahapan terakhir dari cara kerja mesin pencari seperti Google. Mereka akan tampilkan sesuai query yang kita ketikan.

Nah, sekarang kita masuk pada pembahasan berikutnya.

Bagaimana cara agar artikel cepat terindex Google dan kemudian ditampilkan di halaman 1 Google ketika anda yang mencarinya.

Setidaknya, ada beberapa hal yang harus kita lakukan.
Kita akan bahas dibawah ini.

Cara agar blog muncul di pencarian Google dengan cepat tanpa keluarkan uang

Jika anda serius ingin tahu cara agar blog muncul di pencarian google tanpa harus mengeluar biaya sepersenpun, silahkan pelajari 8 cara dibawah ini.

Pelajari setiap step dengan baik agar bisa dipraktekan.

1. Pastikan Google bisa crawling website

memastikan ia  bisa di crawling oleh Google.

Secara umum, setiap website yang kita buat defaultnya bisa di crawling oleh Google. Kecuali kita secara sengaja memblok bot mesin pencari.

Khusus untuk pengguna WordPress, settingan ini bisa kita lihat pada bagian Setting > Readding, kemudian pada bagian paling bawah.

Pastikan pada bagian “Search Engine Visibility” centangnya dihilangkan.

Perhatikan gambar dibawah ini “ agar artikel cepat terindex google”

agar artikel cepat terindex google

Jika ada centangnya, anda harus hilangkan. Karena jika anda centang itu berarti anda melarang Google atau mesin pencari untuk mengindex website anda.

2. Terbitkan konten secara teratur

Kita tahu bahwa agar postingan cepat terindex google ia harus di crawling dulu oleh botnya Google. Ini tahapan pertama yang tidak bisa dilewatkan.

Dan proses crawling ini menghabiskan banyak sumber daya Google. Sehingga mereka hanya akan mengunjungi setiap halaman website sesuai dengan aktivitas dari website tersebut.

Jika anda anda update konten sekali seminggu, maka biasanya bot juga akan datang sekali seminggu untuk mendapatkan update terbaru dari website anda.

Jika anda update setiap hari bahkan jam, seperti portal berita. Maka Google akan mengunjungi halaman website anda juga setiap hari.

Dan itulah mengapa portal berita lebih cepat indexnya dibanding blog biasa.

Jika website anda lambat terinxex Google, mungkin saja anda tidak menerbitkan konten secara teratur dan konsisten.

Ini jarang sekali disadari oleh pemilik website.

3. Buat Sitemap website

membuat sitemap

Langkah ketiga yang bisa anda lakukan agar postingan cepat terindex Google adalah dengan membuat sitemap website anda.

Lagi-lagi jika anda pengguna WordPress, membuat sitemap bukanlah perkara yang sulit. Anda cukup menginstall plugin terkait dengan ini.

Bahkan jika anda sudah menginstall Yoast SEO, biasanya sudah ada bawaannya.

Sitemap ini akan membantu bot google untuk memahami struktur webstie anda dengan mudah. SEhingga lebih cepat di index Google.

Anda bisa lihat disini untuk melihat daftar plugin sitemap.

4. Optimalkan Google Search Console

Untuk memudahkan Google menemukan halaman website, Google juga sudah menyediakan Tools keren yang kita kenal dengan “Google Search Console”.

Menggunakan tool ini kita submit website ke Google menggunakan sitemap.

Ini adalah cara yang paling sering di lakukan blogger untuk mempercepat index Google. Sehingga peluangnya tampil di Google Search semakin besar.

Menggunakan tool Google ini kita juga bisa mengetahui apakah terdapat error pada halama nwebsite atau tidak. Bahkan yang terbaru kita bisa mengetahui “Page Experience” dari halaman website yang diterbitkan.

Jika anda belum menggunakan Google Search Console, sebaiknya segera gunakan.

5. Optimasi Internal Link

Teknik lain agar artikel cepat terindex google dengan mengoptimalkan internal link. Banyak pemula yang mengabaikan teknik SEO yang satu ini.

Pahadal dengan bantuan internal link yang baik, setiap postingan yang kita terbitkan di website akan lebih cepat di index Google.

Internal Link adalah link yang menghubungkan antara halaman website yang satu dengan halaman website yang lainnya pada domain yang sama.

Internal link ini bisa menggunakan anchor text maupun image.

Satu hal yang harus anda perhatikan saat membangun internal link ini, anda harus menghubungkan halaman yang memiliki katergori/topik yang sama.

Link yang dituju harus relevan dengan link asalnya.

Penggunaan anchor pada internal link ini bisa menggunakan anchor text match keyword, generik anchor, brand anchor ataupun long anchor.

6. Perbaiki Error Website

Agar semua halaman website yang sudah anda terbitkan bisa di crawling bot google tanpa kendala, maka anda harus memastikan tidak ada error.

Misalnya broken link, sehingga ketika dikunjungi menampilkan pesan 404 not found.

Jika di website anda terlalu banyak error sejenis ini. Maka ini sinyal buruk pada Google sehingga bot akan enggan untuk mengunjungi website anda.

Jadi, sebelum anda submit website ke Google Console. Sebaiknya periksa semua internal linkyang anda pasang apakah sudah benar atau belum.

7. Link Building secara bertahap

Tahapan akhir yang bisa dilakukan agar artikel cepat terindex google adalah dengan memberikan backlink pada postingan tersebut.

Diharapkan, saat bot google mengunjungi link yang kita pasang tersebut maka ia akan mengikutinya backlink yang mengarah ke postingan blog kita.

Dan ini juga cara yang paling umum dipraktekan oleh praktisi SEO.

Yang perlu anda perhatikan saat melakukan link building ini pastikan sumber backlinknya memiliki otoritas yang bagus.

Jika backlink berasal dari website yang memiliki otoritas tinggi, biasanya postingan anda akan terindex dengan sangat cepat.

Bisa hitungan hari bahkan jam. Silahkan dibuktikan.

8. Sabar

Jika anda sudah melakukan 7 langkah cara mempercepat index Google diatas, langkah terakhir yang bisa kita lakukan adalah bersabar.

Terkadang kita tidak bisa memaksa Google untuk segera mengindex postingan artikel di blog. Bisa jadi karena memang kita jarang update atau website kita terlalu banyak error-nya.

Pada kondisi ini, maka pilihan terbaik adalah menunggu.

Tunggu sampai google benar-benar mengindex postingan anda sembari mengerjakan hal lain yang lebih bermanfaat. Misalnya membuat artikel baru.

Terakhir

Jika anda ingin postingan cepat terindex Google, maka langkah penting harus dilakukan adalah menerbitkan konten secara rutin dan konsisten.

Ini adalah cara yang paling ampuh menurut kami.

Beberapa website kami yang penerbitkan kontennya teratur dan konsisten, artikel akan lebih cepat terindex Google. Bahkan tidak perlu submit ulang ke Google Search Console.

Kami berharap panduan bagaimana cara mempercepat index Google ini bermanfaat untuk anda semua. Dan sampai jumpa di halaman 1 Google.

ARTIKEL TERBARU

TOP