3 Cara copy paste Website yang tidak bisa dicopy, hanya dalam hitungan menit

Ini dia cara jitu bisa copy website yang tidak bisa dicopy atau dilindungi dengan cara mengaktifkan right-click dan selection text dengan sangat mudah.

tips cara copy paste website yang tidak bisa dicopy

Cara copy paste website yang tidak bisa dicopy

Ada banyak pertanyaan seputar copy paste ini, bagaimana cara copy paste website yang tidak bisa di copy. Serta pertanyaan senada lainnya.

Terkadang, kita memang butuh copy paste konten untuk keperluan tertentu. Bukan untuk diterbitkan di blog kita sehingga akhirnya terdeteksi duplicate content.

Cuma, karena maraknya pencurian konten. Mengambil konten orang lain tanpa mencantumkan sumbernya. Padahal membuat artikel itu butuh biaya dan effor, maka banyak pemilik akhirnya menggunakan script maupun plugin untuk menghalangi orang copy paste content.

Nah, bagi anda yang benar-benar  butuh konten tersebut untuk keperluan ilmua dan bukan untuk diterbitkan ulang di blog anda, postingan ini bisa menjadi salah satu rujukan anda.

Melalui postingan ini kita akan bahas bagaimana cara copy website yang kontennya tidak bisa dicopy dengan cara biasa. Kita butuh trik khusus dan bahkan script khusus.

Baik, mari kita bahas sama-sama

Kenapa Konten website tidak bisa di copy

Sebelum kita  bahas lebih jauh bagaimana cara copy paste website yang tidak bisa dicopy dengan cara biasa, ada baiknya kita bahas dulu kenapa konten tersebut tidak bisa di copy.

Ini penting sekali untuk diketahui, agar kita tahu solusi yang tepat.

Website ataupun blog yang tidak bisa dicopy konten websitenya biasanya mengaktifkan disable text selection dan right-clicking. Sehingga anda tidak bisa blok teks websitenya.

Karena tidak bisa diblok, makanya selanjutnya tidak bisa dicopy.

Nah, dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar anda bisa seleksi teks dan kemudian di-copy untuk dipindahkan ke dokumen lainnya.

1. Disable JavaScript from the browser

Disable Javascript

Perlu anda ketahui bahwa sebagian besar website menggunakan Javascript untuk melakukan fungsi disable text selection dan right clicking.

Ketika anda menonaktifkan Javascript di Browser, maka fungsionalitas disable text selection dan right clicking tidak akan berfungsi seperti biasanya. Sehingga anda bisa copy dan paste sepuasnya.

Lakukan langkah ini hanya ketika anda ingin copy paste website tertentu.

Setelah anda selesai copy paste, maka aktifkan lagi Javascriptnya. Jika anda lupa atau tidak mengaktifkan Javascript kembali, maka ketika anda mengunjungi facebook akan terlihat berantakan.

Karena Facebook menggunakan Javascript untuk tampilannya.

Caranya, buka browser Chrome dan kunjungi halaman ini: chrome://settings/content/javascript . Selanjutnya ubah "Allowed" menjadi "Blocked".

Silahkan dicoba.

2. Copy dari website source code

Trik copy paste berikutnya bisa dengan menggunakan website source code.

Kunjungi halaman website yang ingin anda kunjungi dan kemudian ketikan "view-source:" tanpa tanda petik sebelum url dari halaman website tersebut.

Misalnya: view-source:https://www.azhima.id

Kemudian tekan ctrl + F dan ketikan <p> untuk mencari paragraf yang ingin anda copy. Selanjutnya anda bisa hapus code-code website yang mungkin tidak diperlukan.

Cara yang kedua ini memang sedikit lebih panjang, tapi setidaknya bisa menjadi alternatif bagi anda yang kebingungan untuk mencopy paste artikel di blog.

3. Extensi Chrome Allow Right-Click

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan Extensi Chrome.

Ada banyak sekali extensi Chrome yang menawarkan fitur terkait. Seperti Right Click dan selection text, salah satu extension yang kami sarankan adalah Allow Right-Click.

Anda bisa lihat extension ini disini, Extension Allow Right Click

Cukup install extension ini pada browser Chrome anda dan kemudian klik untuk mengaktifkan setiap kali anda ingin klik kanan dan copy text pada website yang di block.

Menurut kami, ini adalah salah satu cara copy paste website yang tidak bisa dicopy tanpa harus repot menghapus code-code pemograman seperti cara nomor dua.

Terakhir

Sebenarnya masih banyak cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk copy paste website yang tidak bisa dicopy. Tapi, jika anda melakukan dengan benar, 3 cara diatas sudah lebih dari cukup.

Saran kami, gunakanlah trik ini dengan bijak.

Jangan gunakan untuk mencuri konten orang lain dan kemudian menerbitkan di website anda tanpa menyebutkan sumbernya dari mana.

Mungkin untuk saat ini perilaku seperti itu masih aman. Tapi, suatu saat mungkin hukum negara akan turun tangan mengaturnya. Karena banyak yang dirugikan.

Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERBARU

TOP