7 Cara membuat Iklan Online untuk meningkatkan penjualan hingga 99%

cara membuat iklan

Cara membuat Iklan Online yang menjual

Membuat iklan yang menjual memang tidak semudah membalikan telapak tangan, tapi juga tidak sesulit membuat roket.

Siapapun bisa melakukannya, asal tahu caranya.

Karena iklan adalah elemen penting yang berpengaruh pada penjualan produk kita, maka mempelajar cara membuat iklan menjadi sangat penting bagi kita.

Dan kebetulan kami dari Azhima ingin membahas topik yang satu ini.

Kami akan membahas bagaimana cara membuat iklan yang menjual  mulai dari perencanaan, proses pembuatan konten iklan hingga evaluasi setelah launching.

Untuk teman-teman yang sedang belajar cara membuat iklan online. Baik iklan di Google, Facebook, Instagram atau media lainnya. Panduan ini layak untuk jadi bahan bacaan.

Baik, mari kita bahas langkah-langkahnya.

Tentukan Target Pasar

Sebelum anda membuat konten iklan, hal yang paling utama untuk anda lakukan pertama kali adalah menentukan audience yang anda target.

Audience adalah elemen yang paling krusial dalam iklan anda.

Jadi, pilihlah audience anda seakurat mungkin. Salah menentukan audience akan berdampak buruk pada convertion rate iklan anda.

Audience juga akan menentukan channel pemasaran online yang akan kita gunakan. Termasuk bahasa iklan yang nanti kita gunakan.

Sekali lagi, tentukan audience anda dengan baik.

Riset Pasar

Baik, anda sudah berhasil menentukan target pasar dengan tepat.

Langkah berikutnya adalah mencari tahu persona mereka secara mendalam. Seperti media yang sering mereka gunakan saat online, usia dominan, pekerjaan dan lainnya.

Semakin lengkap data yang anda dapatkan semakin bagus.

Misalnya : Usia dominan dari audience anda adalah 25 – 40 tahun.

Dari data diatas anda bisa mendapatkan data lanjutan seperti penghasilan, status pernikahan, gaya hidup dan lain sebagainya.

Dari sisi penghasilan, mereka yang berusia 25 – 40 tahun cenderung sudah memiliki pekerjaan tetap yang berarti memiliki penghasilan tetap juga setiap bulannya.

Mereka cenderung sudah lebih mapan dari sisi keuangan.

Terus kembangkan data-data diatas sampai anda mendapatkan datanya selengkap mungkin. Sehingga bisa digunakan saat menentukan channel dan konten iklan nantinya.

Memilih platform iklan yang akan digunakan

Pada tahapan sebelumnya kita sudah memiliki data yang lengkap terkait dengan target market yang akan kita sasar.

Baik umur, pekerjaan, penghasilan serta channel yang paling sering mereka gunakan.

Nah, pada tahapan ini kita akan menentukan channel utama yang digunakan untuk menjangkau mereka melalui iklan kita.

Channel ini bisa berupa Google Search, Facebook, Instagram, Linkedin, Youtube, Marketplace atau channel pemasaran lainnya.

Jika mereka anak muda usia sekolah dan kuliahan, mungkin ada baiknya anda menggunakan Instagram. Untuk mereka pemilik bisnis, cobalah menggunakan Google.

Saat anda memilih channel pemasaran ini bukan berarti anda tidak menggunakan yang lain sama sekali.
Anda tetap menggunakannya dilain waktu.

Hanya saja, untuk saat ini kita focus pada channel utama terlebih dahulu.

Menyiapkan budget Iklan

budget iklan online

Jika anda mengandalkan iklan untuk mendatangkan traffic, maka anda butuh uang dari awal. Karena lazimnya paid traffic pasti butuh anggaran diawal.

Oleh karenanya, anda harus menetapkan budget yang akan digunakan.

Budget yang tersedia akan menentukan strategi iklan serta potensi audience yang bisa anda jangkau dari anggaran yang tersedia.

Budget Iklan yang tersedia juga akan berdampak pada potensi hasil yang anda harapkan.

Kita tidak bisa berharap hasil besar jika budget iklan minim. Karena jumlah budget akan berbanding lurus dengan hasil yang akan kita dapatkan.

Sekai lagi, tentukan jumlah budget anda sekarang juga

Menyiapkan Konten Iklan

Oke, anda sudah menentukan target audience, melakukan riset pasar, menentukan channel utama bahkan juga sudah menyiapkan budget iklan.

Langkah berikutnya adalah menyiapkan konten iklan.

Konten iklan disini bisa berupa copywriting, desain gambar serta halaman website yang ingin anda promosikan, kita mengenalnya dengan landing pages.

Agar iklan anda menarik dan memiliki konversi yang bagus, coba sertakan beberapa  elemen penting dibawah ini.

  • Tonjolkan keunikan dari produk anda
  • Sampaikan menggunakan Headline Iklan yang berpengaruh
  • Tawarkan ada audience anda manfaat produk, bukan fiturnya
  • Berikan sedikit strorytelling tentang anda terkait dengan produk
  • Bangun trust mereka pada anda dan produk anda
  • Sertakan Call to Action (CTA)
  • Berikan kesan terbatas, produk maupun waktu
  • Jika memungkinkan sertakan testimonya.

Tentu saja anda tidak bisa menyertakan semua elemen diatas pada copywriting iklan anda. Tapi, anda bisa menyertakannya secara lengkap di landing page.

Konten iklan lain yang harus anda siapkan juga bisa berupa gambar, video atau format lainnya.

Launching Iklan

Anda sudah melewati langkah langkah cara membuat iklan yang efektif. Sekarang saatnya bagi kita untuk melaunching iklan tersebut.

Kita tidak pernah tahu seberapa efektif iklan kita sebelum kita melaunchingnya.

Jadi, mari segera kita melaunchingnya.

Analisa dan Evaluasi Hasil iklan

Setelah anda melaunching iklan, perlu bagi anda untuk mengetahui reaksi audience terhadap iklan yang sudah ditayangkan.

Lihat respon mereka terhadap iklan yang anda tayangkan.

Masing-masing platform pemasaran online tentu memiliki metrik yang berbeda untuk dianalisa. Tapi, yang mudah untuk anda analisa adalah hasil akhirnya.

Apa itu ? Penjualan.

Ya, seberapa besar iklan anda berdampak pada penjualan produk. Jika terjadi peningkatan yang signifikan. Ini berarti iklan anda cukup efektif dan layak dilanjutkan.

Namun, jika iklan sama sekali tidak berdampak pada penjualan. Maka anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti materi iklan.

Bahkan, sangat dimungkinkan untuk mengganti channel pemasaran yang digunakan.

Kesimpulan

Dari langkah-langkah pembuatan iklan diatas akhirnya kita bisa menyimpulkan bahwa cara membuat iklan yang efektif  adalah dengan mulai melaunchingnya.

Setelah kita menayangkan iklan barulah kita tahu seberapa efektif iklan tersebut.

Ini juga berarti, iklan berbayar membutuhkan budget iklan yang tidak sedikit dibandingkan dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization).

Mudah-mudahan tulisan singkat tentang cara membuat iklan online ini bisa membantu teman-teman yang ingin mengiklankan produknya di Internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *