Ide Bisnis Online Kreatif dan Unik yang bisa dikerjakan dari Rumah

ide bisnis online

Ide Bisnis Online Kreatif yang layak anda coba

Ide bisnis online bisa datang dari mana saja. Juga bisa berupa apa saja. Anda mungkin sedang mencari sebuah bisnis yang bisa dilakukan di rumah tanpa modal sedikitpun. Atau malah sedang mencari bisnis online yang unik, kreatif, dan lain dari pada yang lain.

Ide untuk bisnis tersebut bisa datang dari banyak sekali sumber berbeda.

Terutama bila Anda mencari ide untuk bisnis online yang unik dan juga berbeda dari bisnis lain yang sudah ada.

Maka selain kreatifitas, ide yang benar-benar baru dan segar juga diperlukan.

Terdengar sulit dan rumit? Padahal tidak seperti itu kok! Ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan ide kreatif berbisnis online yang unik.

Apa sebenarnya keuntungan dari menjalankan bisnis online yang unik dan kreatif?

Keuntungan pertama dan paling dirasakan tentu saja menarik perhatian. Bisnis online yang benar-benar unik dan belum ada di tempat lain juga meningkatkan kemungkinan pengunjung. Tentunya pada akhirnya akan memberikan kesuksesan dan juga keuntungan yang besar untuk bisnis yang Anda jalankan.

Ambil contoh misalnya “bisnis camilan tempo doeloe” yang sempat booming beberapa tahun lalu. Awalnya bisnis ini digerakan oleh beberapa perusahaan saja melalui media sosial. Saat itu bahkan hanya memiliki toko online saja.

Namun berkat keunikan “bisnis jajanan tempo doeoe”, yang kala itu sulit ditemukan di lokasi lain, penjualan pun menjadi meningkat tajam.

Jadi sudah cukup jelas bukan apa yang menjadikan ide bisnis online yang unik dan juga kreatif membawa keuntungan?

Nah setelah memahami keuntungan yang diberikan oleh bisnis yang unik dan kreatif ini, berikutnya tinggal bagaimana cara menemukan ide untuk bisnis online yang unik serta kreatif tersebut.

Di bawah ini misalnya kami akan memberikan contoh dari bisnis online yang unik serta kreatif. Tentunya dari ide yang kami berikan di bawah ini, Anda masih bisa mengembangkannya kembali berdasarkan dari kreatifitas Anda nantinya. Sehingga bisnis pun akan menjadi lebih menarik lagi.

Berikut ini merupakan beberapa ide bisnis online yang unik dan juga kreatif serta layak anda coba.

1. Bisnis Konsultan

Konsultan bukan hanya bisa dilakukan secara langsung saja. Namun juga bisa dijalankan secara online. Bila Anda memiliki sebuah kemampuan khusus tak ada salahnya menjadi konsultan.

Bukan hanya akan mendapatkan keuntungan besar dengan usaha yang nyaris tanpa perlu mengeluarkan modal sama sekali. Anda juga akan bisa berbagi kemampuan hingga pengalaman yang dimiliki.

Untuk saat ini, beberapa konsultan yang sedang banyak dicari seperti Konsultan Jasa SEO Jakarta, konsultan digital marketing, hingga konsultan bisnis. Ketiga topik tersebut saat ini sedang banyak diburu oleh orang lain untuk mencari konsultan.

Bila Anda memiliki pengetahuan mengenai SEO, digital marketing atau pun bisnis, tak ada salahnya untuk berbagi kemampuan dan pengalaman dengan menjadi konsultan.

Cara kerja dari bisnis online ini pun terbilang mudah. Anda bahkan nyaris tak perlu keluar dari rumah dan bisa melakukan bisnis tersebut dimana saja.

Sangat memudahkan bukan? Seperti yang juga kami bahas di atas, bisnis ini sama sekali tak memerlukan modal apapun. Bayangkan, Anda hanya perlu untuk mengandalkan kemampuan yang dimiliki saja untuk bisa menjalankan bisnis ini.

2. Penulis artikel atau berita online

Freelance penulis pun menjadi salah satu jenis bisnis online unik dan juga kreatif yang bisa dijalankan. Sama seperti dengan menjadi konsultan, Anda tak perlu kantor atau pun meninggalkan rumah untuk menjalankan bisnis ini.

Cukup berada di rumah dan berhadapan dengan klien sepenuhnya melalaui platform online. Menyenangkan sekali bukan? Satu lagi, untuk bisnis ini Anda juga tak perlu modal yang besar. Bahkan bisa-bisa tak perlu modal sama sekali selain komputer atau laptop serta koneksi internet.

Sama dengan konsultan pula, Anda harus memiliki kemampuan khusus sebagai penulis artikel atau berita online.

Kemampuan jurnalistik menjadi satu hal yang pasti dan wajib Anda miliki. Selain itu Anda juga sebaiknya memiliki pengetahuan dasar mengenai website. Baik itu untuk membuat postingan di website atau pun tentang konten itu sendiri. Mengerti tentang SEO tentunya akan menjadi satu poin tambahan yang akan menjadi nilai plus untuk Anda.

Jika berminat menjadi penulis Freelance, mulailah tingkatkan keterampilan menulis anda.

3. Buzzer, Endorser, dan Digital Marketing

Pernah mendengar mengenai 3 hal tersebut bukan? Untuk menjadi buzzer, influencer dan endorser di media sosial memang membutuhkan langkah yang panjang. Anda harus memiliki jumlah follower atau pengikut yang cukup besar di media sosial.

Bukankah begitu?

Namun di sisi lain, ada cara lain untuk Anda bisa menjalankan bisnis di bidang digital marketing atau buzzer dan endorser ini.

Selain tentunya memiliki kemampuan digital marketing, Anda juga harus mampu melihat minat pasar dan tren di media sosial. Anda juga bisa mendirikan bisnis atau perusahaan yang mengatur endorser atau pun buzzer.

Ide bisnis online di bidang ini memang sudah tidak sepenuhnya unik lagi mengingat sudah ada beberapa pihak yang mendirikan bisnis di bidang tersebut. Tapi bukan berarti tidak menguntungkan mengingat besarnya kemungkinan dan juga peluang usaha di bidang ini.

4. Subscription box

Apa itu subscription box? Subscription box merupakan kotak dengan beragam isi berbeda yang akan didapatkan oleh pelanggan setiap bulannya. Mudahnya seperti ini, pelanggan akan mendaftar untuk subscription box pada beberapa bulan.

Nantinya setiap awal atau akhir bulan, mereka akan dikirimkan kotak dengan isi yang berbeda. Isi dari kotak tersebut tentunya sesuai atau bahkan lebih besar dari harga yang mereka bayar.

Unsur kejutan memang menjadi satu hal yang menyenangkan dari subscription box ini. Pelanggan sama sekali tak menyangka apa yang akan mereka dapatkan setiap bulannya.

Untuk mengetahui bagaimana selera pelanggan, pada saat mendaftar akan diminta untuk mengisi form yang berisi kegemaran hingga apa yang mungkin menjadi kesukaan mereka. Sehingga Anda bisa menyesuaikan isi box nantinya.

Subscription box terdapat pada beberapa jenis berbeda. Mulai dari untuk baju, perawatan kulit, kosmetik, perlengkapan bayi, keperluan untuk hewan peliharaan, hingga perlengkapan rumah tangga. Tentunya harga dari masing-masing subscription box disesuaikan juga dengan jenisnya nantinya. Ide bisnis yang unik dan kreatif bukan?

5. Jasa Titip

Jasa titip?

Ya, jenis bisnis online ini pun sedang menjadi tren.

Seperti namanya, pada jasa titip ini nantinya para pelanggan akan “titip” apa yang ingin mereka beli. Baik itu yang berada di dalam atau di luar negeri. Memang lebih baik lagi bila Anda menjalankan usaha jasa titip yang berasal dari luar negeri. Mengingat barang yang dijual di luar negeri biasanya tak terdapat di Indonesia.

Ide bisnis online di atas memang hanya sebuah konsep dasar saja.

Anda nantinya bisa mengembangkan lagi 5 ide di atas sesuai dengan keinginan dan konsep yang menurut Anda akan bisa berjalan. Jadi, tak ada keraguan lagi untuk menjalankan bisnis online dengan ide di atas bukan?

Yuk kita mulai bisnis onlinenya.

Cara jitu menemukan Ide Bisnis

cara menemukan ide bisnis

Mencari ide bisnis memang langkah pertama dalam memulai usaha yang sukses. Anda tentunya sudah paham betul mengenai pentingnya ide yang bagus untuk bisnis yang berjalan dengan baik.

Bahkan bisa dikatakan bila ingin meraih sukses dalam berbisnis, langkah pertama ialah dengan menemukan ide yang benar-benar unik, kreatif, dan lain dari yang lain.

Ide usaha yang seperti itu saja sudah bisa dikatakan memberi jaminan sukses untuk bisnis Anda. Tentunya bila dieksekusi dengan baik pada akhirnya. Lalu sebenarnya, bagaimana cara menemukan ide bisnis ini sendiri?

Ada beberapa cara menemukan ide bisnis yang bisa dilakukan. Di bawah ini kami akan memberikan 4 cara paling mudah untuk Anda mendapatkan ide memulai bisnis sendiri. Berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk itu.

4 Cara menemukan Ide Bisnis dengan cepat

Jika anda masih bingung bagaimana cara menemukan ide bisnis. Mungkin beberapa langkah dibawah ini bisa membantu anda untuk melakukannya.

1. Kenali sekitar

Mengapa penting sekali mengenali sekitar ketika hendak memulai bisnis sendiri? Mengenali sekitar berarti Anda memperhatikan bagaimana pasar usaha hingga masalah apa yang paling umum terjadi di daerah tersebut. Ini tentunya akan sangat memudahkan Anda dalam memulai bisnis nantinya.

Mengenali sekitar ini, bukan hanya daerah sekitar tempat tinggal saja. Namun bisa saja daerah sekitar di seluruh kota atau bahkan Indonesia. Tergantung seberapa besar jangkauan bisnis Anda nantinya.

Mengenali daerah sekitar juga akan memberikan Anda ide untuk bisnis seperti apa yang akan Anda lakukan. Jenis bisnis apa yang paling dibutuhkan dan akan mendapatkan keuntungan.

Jadi, cara menemukan ide bisnis yang pertama bisa anda lakukan dengan memperbanyak interaksi dengan lingkungan sekitar. Pahami masalah mereka.

2. Perhatikan masalah yang paling sering dihadapi

Setelah mengenali sekitar, berikutnya memperhatikan masalah apa yang paling sering dihadapi. Untuk hal ini contoh yang paling jelas tentu saja GoJek. Usaha satu ini bermula dari masalah sulitnya mencari jasa transportasi ojek. Sehingga akhrinya dibuatlah sebuah aplikasi khusus untuk memudahkan mencari jasa transportasi ojek ini.

Hal seperti ini yang harus menjadi perhatian Anda dan dilakukan ketika hendak memulai bisnis sendiri. Pelajari dan cari penyelesaian masalah yang sering terjadi. Masalah yang belum juga mendapatkan penyelesaian hingga saat ini.

Di sinilah kreatifitas Anda akan diuji, di mana Anda akan melihat masalah dan mencari penyelesaian yang bisa berpotensi menjadi sebuah usaha sendiri.

Baca juga : 5 Tips praktis Validasi Ide Bisnis

3. Kenali kemampuan

Berikutnya setelah kedua hal di atas, cara berikutnya tinggal mengenali kemampuan Anda. Kenali apa yang menjadi kemampuan Anda sendiri dan maksimalkan kemampuan tersebut.

Misalnya saja, Anda memiliki kemampuan sebagai penulis. Anda bisa mengembangkan kemampuan tersebut sebagai usaha penulisan artikel SEO untuk website, hingga untuk menulis review sebuah produk.

Anda juga bisa memaksimalkan kemampuan tersebut dengan berbagai bidang usaha lain yang bisa dijalankan.

Jangan hanya mencari kemampuan yang bisa Anda lakukan. Namun juga kenali potensi kemampuan lain yang bisa Anda pelajari. Hal ini malah bisa menjadi ide bisnis sendiri yang memberikan keuntungan dan kesuksesan besar bagi Anda.

4. Kreatifitas

Cara menemukan ide bisnis berikutnya tentu dengan menggunakan kreatifitas yang dimiliki. Kreatifitas justru memiliki peranan yang besar dalam menemukan ide untuk bisnis yang bisa Anda lakukan. Bahkan bisa dikatakan nyaris semua cara untuk menemukan ide bisnis sangat mengandalkan kreatifitas yang Anda miliki.

Kreatifitas penting untuk mendapatkan ide usaha yang tak hanya memiliki potensi memberikan keuntungan. Namun juga untuk berkembang lebih jauh lagi nantinya.

Kembali lagi kepada contoh usaha Gojek dimana dengan kreatifitas berkembang menjadi banyak bidang lain seperti GoFood, GoMart, dan lain-lain. Jadi, jangan ragu mengasah kreatifitas untuk mendapatkan ide berbisnis terbaik ya!

One thought on “Ide Bisnis Online Kreatif dan Unik yang bisa dikerjakan dari Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *